Badai Milton menghantam Florida pada Rabu (9/10), menyebabkan jutaan orang tanpa listrik dan menelan korban jiwa di pesisir timur negara bagian tersebut, menurut laporan media lokal.

Badai Kategori 3 itu memicu serangkaian tornado di pesisir barat Florida sebelum mendarat dari Teluk Meksiko, demikian dilaporkan NBC News.

Badai Milton menghantam Siesta Key pada pukul 20.30 EDT (0030 GMT), kata NBC News.

Pada dini hari, badai tersebut melemah menjadi Kategori 1, dengan pusat badai berada sekitar 45 mil (72 kilometer) di barat daya Cape Canaveral dan angin berkecepatan 90 mil per jam (145 kilometer per jam), menurut NBC News.

Baca juga: Korban jiwa Badai Helene di Amerika Serikat capai 130 jiwa, petugas berpacu dengan waktu
Baca juga: Badai Helene tewaskan sedikitnya 26 orang di AS pada Jumat
Baca juga: Badai Tropis Enteng di Filipina sebabkan 2 orang tewas, ganggu lalin udara

Pejabat di St. Lucie County mengonfirmasi bahwa telah terjadi korban jiwa akibat tornado di pesisir Atlantik Florida, namun tidak merinci jumlah pasti, kata stasiun tersebut.

Milton, yang merupakan badai ketiga yang menghantam Florida tahun ini dan kelima di seluruh AS, telah membuat lebih dari dua juta penduduk mengalami pemadaman listrik di seluruh negara bagian tersebut, menurut CNN.

Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa ribuan personel federal, termasuk lebih dari 1.000 anggota Penjaga Pantai, telah dikerahkan untuk membantu daerah-daerah yang terdampak.

Sumber: Anadolu

Pewarta: Primayanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024