Badan usaha milik daerah (BUMD) Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memberikan relaksasi pembayaran bagi pelanggan nonaktif melalui skema cicilan rekening tunggakan sebagai upaya meningkatkan jumlah konsumen aktif.
 
Program cicilan pembayaran ini berdasarkan keputusan Direksi Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi Nomor 105 Tahun 2024 dengan tujuan meningkatkan pendapatan perusahaan melalui pembayaran rekening air pelanggan yang memiliki tunggakan.
 
"Kemudahan yang diberikan melalui program ini ditujukan bagi para pelanggan nonaktif," kata Direktur Utama Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi Reza Lutfi Hasan di Cikarang, Jabar, Kamis.

Baca juga: Perumda Tirta Bhagasasi butuh kinerja luar biasa majukan perusahaan di usia ke-43 tahun
 
Ia mengatakan program tersebut sekaligus bertujuan untuk menghidupkan kembali pelanggan nonaktif agar dapat menerima pelayanan air bersih dengan melakukan penyambungan kembali.
 
Relaksasi pembayaran dihitung dari jumlah total tunggakan rekening air pelanggan yang dibagi nominal kesanggupan pelanggan untuk membayar tunggakan dengan pola cicilan per bulan.
 
Pelanggan yang hendak mengikuti program tersebut untuk mengaktifkan kembali layanan air bersih diharuskan membayar cicilan pertama tunggakan rekening ditambah biaya penyambungan kembali.
 
Pelanggan juga akan diminta untuk menandatangani surat perjanjian di atas meterai tentang kesanggupan pembayaran sisa tunggakan rekening air dengan cara mencicil setiap bulan.
 
"Jangka waktu pembayaran tunggakan tagihan rekening air paling lama 12 bulan. Kesanggupan mencicil rekening tunggakan ini ditulis dalam surat perjanjian oleh pelanggan dengan dibubuhi meterai," katanya.

Baca juga: BUMD Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi bantu warga terdampak kekeringan
Baca juga: Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi utamakan kepuasan 350.000 pelanggan
 
Reza menyebut dari total 320.000 pelanggan Perumda Tirta Bhagasasi, 30.000 di antaranya terdata sebagai pelanggan non aktif yang tersebar di sejumlah wilayah layanan perusahaan baik di Kota maupun Kabupaten Bekasi.
 
"Manfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya karena melalui program ini pelanggan bisa kembali menerima pelayanan air bersih dari kami. Sedangkan bagi perusahaan, program ini menjadi upaya pengaktifan pelanggan dari status nonaktif menjadi aktif," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024