Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor, RR. Indah Dewi Pangesti Bachil Bakri melakukan monitoring dan evaluasi implementasi 10 Program Pokok PKK, di Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Rabu (9/10).
 
Hadir pada kegiatan tersebut, jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Bogor, Camat Ciampea, Forkopimcam Ciampea, Kepala Puskesmas Kecamatan Ciampea, Ketua beserta jajaran pengurus TP PKK Kecamatan Ciampea, para kepala desa se-Kecamatan Ciampea, Ketua TP PKK Desa beserta jajaran pengurus, para Kader PKK, Kader Dasawisma dan Poktan.
 
Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, RR. Indah Dewi Pangesti Bachil Bakri mengatakan, di Desa Benteng ini dipilih untuk mewakili Kecamatan Ciampea mengikuti lomba di tingkat kabupaten. Desa Benteng ini sudah terlihat maju, semoga para Ketua Dasawisma di Desa Benteng bisa kompak dan bisa membawa desanya juara dan menjadi inspirasi bagi desa lainnya.
 
“Kegiatan memonitoring ini untuk menilai implementasi 10 program pokok PKK, karena selama ini jajaran pengurus PKK Kecamatan Ciampea tentunya sudah memberikan bimbingan atau pembinaan kepada PKK Desa Benteng,” kata Indah.

Baca juga: TP-PKK Kabupaten Bogor monitoring dan evaluasi 10 Pokok Program TP PKK
Baca juga: Ketum TP-PKK Tri Tito Karnavian puji kinerja Pemkab Bogor

Indah menambahkan, kami ingin menilai mulai dari Pokja 1 sampai Pokja 4 dan juga poktan-poktannya apakah sudah berjalan dengan baik program-programnya. Mulai dari sekretariat yaitu tertib administrasi dan dasar wismanya, kemudian elektronik TP-PKK digital, kapasitas kadar dari kualifikasi kadarnya, kelompok dasar wisma, kemudian olah asuh anak remaja di era digital.

“Selanjutnya Pokja 2 ada Galeri Pelangi yaitu peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi keluarga. Disana ada beberapa lomba seperti GGM (Gerakan Gemar Membaca), Rumah Dilan, Kampung Mandiri, UP2K, dan koperasi,” ujar Indah.

Selanjutnya, ungkap Indah, Pokja 3 yakni "Program Aku Hatinya PKK" bagaimana nanti taman kebunnya, Kelompok Wanita Taninya apakah sudah bisa berjalan dan sudah bisa memproduksi hasilnya untuk mengurangi inflasi, kemudian kampanye "Aku Cinta Produk Indonesia", pengembangan rumah sehat dan batang loka untuk menurunkan harga stunting.

“Kemudian Pokja 4 mengenai Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana, pasangan usia subur, peduli PHBS, peduli stunting, siaga kebakaran lingkungan, keuangan sehat,” ungkap Pj.Ketua TP PKK Kabupaten Bogor, RR. Indah Dewi Pangesti Bachril Bakri.

Baca juga: TP-PKK Desa Rawa Panjang lolos nominasi Gelari Pelangi

Camat Ciampea, Pardi menuturkan, selaku pembina TP PKK Kecamatan Ciampea mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran TP PKK Desa Benteng yang telah berupaya menerapkan 10 program pokok PKK di setiap lini kehidupan.

“PKK memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan kehidupan keluarga. Apa yang kita lakukan mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali merupakan cerminan dari pelaksanaan 10 program pokok PKK. Dan pengurus TP PKK Desa Benteng, baik dari Pokja 1 sampai 4 telah melaksanakan berbagai program dengan baik,” tutur Pardi.

Pewarta: Diskominfo Kabupaten Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024