Cek langsung progres dan implementasi 10 Pokok Program PKK, TP-PKK Kabupaten Bogor lakukan Monitoring dan Evaluasi 10 Program Pokok TP PKK Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2024 kini giliran Desa Tapos 2 Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, Senin (7/10/9).

Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, RR. Indah Dewi Pangesti Bachil Bakri mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan  monitoring dan evaluasi untuk melihat bagaimana progres atau kemajuan yang telah dicapai di desa ini.

"Kami memonitoring progres kegiatan ibu-ibu TP-PKK Kecamatan Tenjolaya yang selama ini telah memberikan bimbingan atau pembinaan kepada Desa Tapos 2 selama ini mudah mudahan bagus. Saya juga ingin memberi penilaian karena disini ada lomba juga dari program PKK, yang penting bukan dari menang atau kalahnya tetapi dari kemajuan atau progress yang tercapai dari desa ini setelah kita bina," jelas Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor.

Lanjut, RR. Indah Dewi Pangesti Bachril menyampaikan, TP-PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang berfungsi sebagai fasilitator perencana pelaksana penggendali dan penggerak untuk terlaksananya program PKK yaitu pemberdayaan keluarga sejahtera, dimana bapak kepala desa dan bapak camat juga adalah sebagai pembina yang anggotanya terdiri dari pimpinan lintas sektor di desa atau kecamatan maka tugasnya adalah untuk mengendalikan atau mengatur sebagai pimpinan untuk mengerahkan atau menggerakan lintas sektor untuk bergerak kerja sama saling berkordinasi dengan TP-PKK karena TP-PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan.

Menurutnya, kegiatan monitoring dan evaluasi 10 program TP-PKK ada 5 kegiatan yang monev saat ini yakni bagaimana progresnya mulai dari sekertariat yaitu tertib administrasi dan dasar wismanya, kemudian elektronik TP-PKK digital, kapasitas kadar dari kualifikasi kadarnya, kelompok dasar wisma, kemudian olah asuh anak remaja di era digital.

Lalu selanjutnya Pokja 2 ada Gelari Pelangi yaitu peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi keluarga. Disana ada beberapa lomba seperti GGM (Gerakan Gemar Membaca), Rumah Dilan, Kampung Mandiri, UP2K, dan koperasi.

Selanjutnya Pokja 3 yakni "Program Aku Hatinya PKK" bagaimana nanti taman kebunnya, Kelompok Wanita Taninya apakah sudah bisa berjalan dan sudah bisa memproduksi hasilnya untuk mengurangi inflasi, kemudian kampanye "Aku Cinta Produk Indonesia", pengembangan rumah sehat dan batangloka untuk menurunkan harga stunting. Kemudian Pokja 4 mengenai Gerakan Keluarga Sehat, Tanggap dan Tangguh Bencana, pasangan usia subur, peduli PHBS, peduli stunting, siaga kebakaran lingkungan, keuangan sehat.

"Saya harap kegiatan monitoring dan evaluasi ini akan menghasilkan keputusan yang mantap terutama terhadap tentang suatu lokasi desa, semoga Desa Tapos juara ini diharapkan bisa menang dan semoga juga dari kegiatan monev ini akan menjadi inspirasi dan mudah-mudahan Tapos 2 ini juga menjadi contoh desa lainnya sehingga akan mewujudkan masyarakat desa yang maju dan SDM-nya berkualitas untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2025," jelasnya.

Kemudian, Sekretaris Camat Tenjolaya Sahwani menuturkan, apresiasi dan terimakasih kepada jajaran TP-PKK Kabupaten Bogor yang telah turun langsung melaksanalan monitoring dan evaluasi merupakan langkah penting dalam memastikan efektivitas pelaksanaan 10 program pokok TP PKK.

"Kegiatan ini sangat luar biasa yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana program telah mencapai tujuan yang ditetapkan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, serta memberikan masukan untuk perbaikan program di masa mendatang," tandasnya.

Pewarta: Diskominfo Kabupaten Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024