Depok, (Antara Megapolitan) - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), Kota Depok, Jawa Barat mendorong koperasi di wilayah tersebut agar selalu menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT).

"Koperasi Kota Depok yang tercatat aktif sebanyak 450 koperasi. Jumlah tersebut yang menggelar RAT 150 berarti ada 300 koperasi yang kita dorong untuk melakukan RAT dalam 4-5 tahun kedepan," kata Ketua Dekopindo Kota Depok, Teguh Prayitno, di Depok, Jumat.

Teguh berharap setiap tahun harus ada peningkatan koperasi yang menggelar RAT, sehingga diakhir tahun ke-4 seluruh koperasi di Kota Depok sudah aktif semua.

Hal itu ditujukan, agar terdapat kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran,membuka tenaga kerja serta menekan inflasi.

Dikatakannya, bahwa koperasi Kota Depok harus memiliki kedudukan yang sama dengan badan usaha milik swasta, badan usaha milik negara serta badan usaha milik daerah sehingga sebagai bobot kontribusi koperasi kepada pembangunan ekonomi meningkat.

"Makna 70 tahun koperasi ini kedepan harus menjadi salah satu pilar ekonomi negara maka dari itu bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi," katanya.

Ia menjelaskan peran pemerintah dalam koperasi ini, yaitu dengan sudah disediakan sekertariat di Balaikota dan mulai melakukan penyuluhan dengan difasilitasi pemerintah daerah serta ketua koperasi dilakukan pendidikan sertifikasi kompetensi supaya mengelola koperasi dengan baik.

"Ketua koperasi baru ada 32 dari 450. Semua bertahaplah agar koperasi betul-betul memberikan kontribusi ekonomi di perekonomian Kota Depok," harapnya.

Menyambut Hari Koperasi Nasional ke- 70, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda), Kota Depok bekerjasama dengan Pemkot menggelar acara pada 4-6 Agustus 2017.

Pewarta: Mayolus Fajar D & Nadia Rizky Destiana

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017