Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bekerja sama dengan Badan Pengelolaa Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengoperasikan layanan transportasi publik Bus DAMRI untuk rute Terminal Sawangan ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Kita kembangkan rute DAMRI dengan tujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas transportasi publik di Kota Depok," kata Kadishub Kota Depok Zamrowi di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Zamrowi mengatakan pengembangan dan penambahan transportasi tersebut berdasarkan kajian mendalam.

Kata Zamrowi, selama ini telah dilakukan pengembangan layanan dengan fokus pada segmen kelas menengah ke atas terkait bus DAMRI tersebut.

"Hasilnya menunjukkan bahwa warga di wilayah barat Depok membutuhkan layanan transportasi yang nyaman dan aman," kata Zamrowi.

Baca juga: Kota Depok raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024 dari Kemenhub
Baca juga: Biskita Trans Depok dan LRT dinilai mampu mengurai kemacetan

Zamrowi mengatakan keberadaan bus DAMRI itu Dishub Kota Depok menyediakan fasilitas pendukung, seperti area parkir yang aman dan memadai.

Langkah ini juga bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Terminal Depok dengan membagi pola pergerakan warga.

"Dengan adanya rute baru ini, diharapkan akses warga menuju Bandara Soekarno-Hatta menjadi lebih mudah dan tidak terpusat di satu lokasi," ungkap Zamrowi.

Dishub Depok optimis bahwa meskipun proses penyelesaian jalur transportasi ini tidak mudah, dengan perencanaan yang matang dan sosialisasi yang baik, layanan ini akan berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya di wilayah barat Depok.

"Kami yakin layanan ini akan membawa dampak positif bagi warga Depok, terutama dalam menyediakan transportasi yang lebih baik dan terjangkau," kata Zamrowi.

Baca juga: Dishub sebut perlu kerja sama perbaikan transportasi di Depok

Lebih lanjut Zamrowi menyebutkan layanan bus DAMRI ini akan dikenakan tarif percobaan sebesar Rp50.000 per penumpang.

"Tarif sangat terjangkau berkat subsidi dari DAMRI," kata Zamrowi.

Zamrowi menambahkan untuk jadwal keberangkatan mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 wib. Itu kata dia berangkat dari Terminal Sawangan dan SPBU BP/ Khalifa.

Di mana keberangkatan dilakukan setiap satu jam sekali dari Bandara Soekarno-Hatta, bus akan beroperasi mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB dengan jadwal yang sama

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024