Pemerintah Kota Bogor bersama warga setempat membentangkan batik motif Bogor dan Nusantara sepanjang 4,1 kilometer, mengelilingi Kebun Raya Bogor untuk memaknai peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari mengatakan, peringatan Hari Batik Nasional kali ini sangat istimewa dengan kegiatan pembentangan kain batik mengelilingi Kebun Raya Bogor.

“Kita tidak semata mata mewajibkan atau secara inisiatif menggunakan pakaian batik, tapi kita memberikan makna lebih dengan satu event yang luar biasa,” ujarnya di Kota Bogor, Rabu.

Hery mengatakan, kegiatan ini digelar dengan harapan bisa didengar dan disaksikan oleh masyarakat lokal dan global. Terlebih, kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan masyarakat hingga komunitas dan anak-anak sekolah.

Baca juga: Kota Bogor Punya Motif Batik Angkot
Baca juga: Bima Arya sebut batik satukan masyarakat Bogor lewat sosial ekonomi
Baca juga: Bogor kini miliki motif batik "New Normal"

“Jadi bentuk pentahelix yang sesungguhnya karena inisiasi, pelaksanaan, energi, semuanya yang paling depan masyarakat dan komunitas,” kata Hery.

Menurutnya, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan ini harus dilestarikan dan diadakan setiap tahun.

"Saya titip juga kepada teman-teman dan para pejabat nanti yang melanjutkan tahun depan. Meskipun Pj atau wali kotanya bukan saya, mudah-mudahan ini berlanjut terus setiap tahun,” ucapnya.

Batik sepanjang 4,1 kilometer ini dibentangkan dalam acara Bogor Batik Festival ke-15. Atas kegiatan ini, Kota Bogor sukses mencatat sejarah baru dengan memecahkan rekor Original Rekor Indonesia (ORI).

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024