Tiga dosen Sekolah Tinggi Teknologi Terpadi Nurul Fikri (STT-NF), Rusmanto, Davied Wahyu Wismanindra, dan Ahmad Rio Adriansyah mengadakan kegiatan pemberdayaan UMKM Sinergia Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Dengan menyediakan teknologi inovasi dan pelatihan web direktori untuk pemasaran produk UMKM.


Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat itu mendapatkan dana hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini, Rusmanto, di Depok, Rabu menyebutkan bahwa web direktori dibuat untuk meningkatkan efektivitas pengelolaan data anggota UMKM Sinergia dan mempromosikan produk UMKM secara online melalui web dengan alamat https://umkmsinergia.com.

“Pengisian konten web direktori berupa profil usaha dan produk UMKM dapat dilakukan sendiri oleh pemilik usaha yang menjadi anggota komunitas UMKM Sinergia Tapos setelah mengikuti pelatihan,” kata Rusmanto lebih lanjut.

Di Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat, terdapat kelompok UMKM yang dikoordinasi oleh mitra pemberdayaan ini, yaitu UMKM Sinergia Tapos.

UMKM Sinergia Tapos membutuhkan pemberdayaan karena masih memiliki banyak keterbatasan, khususnya yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi digital atau TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bertujuan menyediakan perangkat komputasi awan untuk pengelolaan data dan produk UMKM anggota, menyediakan web direktori untuk promosi dan penjualan produk UMKM anggota, dan memberikan pelatihan kepada pengelola UMKM Sinergia Tapos di bidang penggunaan perangkat komputer dan web direktori untuk mengelola data profil dan promosi produk UMKM anggota.

Web direktori yang telah dibuat oleh tim pengabdian masyarakat ini sesuai dengan kebutuhan mitra yaitu web direktori UMKM yang memiliki empat fitur utama.

Web direktori UMKM Sinergia telah berfungsi secara online dan dapat digunakan pengurus dan anggota UMKM Sinergia di alamat https://umkmsinergia.com.

Gambar di bawah menunjukkan tampulan web direktori dilihat oleh pengguna akhir, misal pengurus UMKM Sinergia, pemerintah, dan masyarakat yang ingin mendapatkan informasi produk UMKM dari kecamatan Tapos, Kota Depok.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024