Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat, menyalurkan air bersih ke beberapa daerah yang terdampak kekeringan akibat berkurangnya curah hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Hidayatulloh di Kota Bogor, Rabu, menjelaskan pengiriman air bersih dilakukan berdasarkan permintaan dari warga yang terdampak kekeringan.

Daerah yang mengalami kekeringan merupakan daerah yang belum diintervensi oleh Perumda Tirta Pakuan seperti pada beberapa RW di Kelurahan Cilendek Barat dan Kelurahan Cipaku.

“Jadi kami kirim sesuai permintaan. Karena memang di beberapa lokasi seperti di Kelurahan Cilendek Barat dan di Kelurahan Cipaku karena kawasannya belum diintervensi oleh PDAM,” kata Hidayatulloh.

Baca juga: Warga diminta berhemat, BPBD distribusikan air bersih
Baca juga: BPBD Kota Bogor salurkan 5.000 liter air bersih bagi warga Kedunghalang

Ia menjelaskan, kekeringan terjadi di daerah-daerah tersebut lantaran curah hujan berkurang. Sehingga air tanah di daerah tersebut juga turut berkurang.

Oleh karenanya, kata Hidayatulloh, pihaknya membantu mengirimkan air bersih menggunakan tangki air BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, dan Perumda Tirta Pakuan sebagai upaya memfasilitasi pemenuhan air bersih.

Penyaluran air bersih, kata dia, terakhir dilakukan sekitar dua hari lalu. Untuk esok hari, BPBD juga sudah menerima permintaan kembali dari warga.

“Kemarin kalau tidak salah dua kali tangki kita kirim. Di Cilendek Barat dua, di Cipaku satu. Selain kita juga dibantu dropping dari pemadam satu tangki kapasitasnya 5.000 liter,” ujarnya.*

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024