Tiga mahasiswa Departemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Qorry Hannisa, Thiesya Fildza Nabila, Tia Fitriah, mahasiswi dari memiliki ide kreatif membuat jas pelindung sepatu. 

Merk dagangnya adalah Plavershoes (plastik cover shoes), jas sepatu dengan bahan dasar plastik sebagai pelindung alas kaki dari kerusakan pada saat hujan.

Ide awalnya berasal dari kondisi kota Bogor yang dikenal sebagai kota hujan (curah hujan 3 500 - 4 500 mm/tahun). Hujan turun dapat menimbulkan manfaat dan beberapa permasalahan bagi masyarakat di Kota Bogor. 

"Permasalahan yang dihadapi saat hujan seperti kehujanan karena tidak membawa payung atau jas hujan, jalan menjadi kotor dan banyak genangan air sehingga membuat pejalan kaki tidak nyaman saat berjalan," ujarnya. 

Hal tersebut menyebabkan alas kaki menjadi rusak saat terkena air hujan. Alas kaki yang terkena air hujan akan menimbulkan kaki menjadi basah sehingga timbul beberapa permasalahan seperti rasa gatal, bau pada kaki, dan perubahan pada permukaan kulit kaki,” ujar Qorry selaku Ketua Tim.

Jas sepatu ini berbahan dasar plastik PVC yang memiliki tekstur yang tebal. Desain produknya terdapat resleting pada bagian sisi sehingga produk ini dapat digunakan bersamaan dengan penggunaan alas kaki. 

Keunikan dari produk ini adalah praktis, sehingga mudah dibawa dan mudah digunakan. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas pada saat hujan bagi pejalan kaki dan pengendara motor.

"Plavershoes berfungsi sebagai pelindung alas kaki dari kerusakan pada saat hujan. Kerusakan pada alas kaki yang umumnnya terjadi adalah timbulnya aroma tidak sedap, basah, dan menjadi berlubang. Tidak hanya itu, alas kaki yang rusak dapat berpengaruh pada tingkat kenyamanan seseorang dalam melakukan aktivitas,” tambahnya. 

Plavershoes memiliki sol pada bagian bawah dengan bahan dasar spons karet. Desain depan Plavershoes terdapat resleting untuk memudahkan konsumen untuk menggunakannya dan bagian atas jas sepatu juga diberi accesories yang berfungsi untuk merekatkan jas sepatu bagian atas.

Plavershoes terdiri dari tiga ukuran yaitu ukuran S, M, dan L. Kemasan dari produk ini dilengkapi dengan tas berukuran 15 cm x 20 cm karena Plavershoes dapat dilipat dan mudah dibawa saat beraktivitas.

"Harga jual yang ditetapkan untuk produk Plavershoes sebesar Rp45.000. Penjualannya dari online store dan offline store," katanya.

"Distribusi secara online dilakukan langsung dari produsen ke konsumen melalui media sosial. Distribusi secara offline dilakukan dari produsen melalui kegiatan pameran dan penitipan barang ke toko peralatan lalu ke konsumen," terangnya.(Zul)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017