Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Jawa Barat, terus mendukung penyelenggaraan kegiatan festival kuliner, yang dinilai menguatkan identitas Kota Bogor yang mengandalkan jasa wisata kuliner.

Sekretaris Disparbud Kota Bogor Ana Ismawati di Kota Bogor, Rabu, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan serupa yang sering diselenggarakan oleh komunitas maupun penyelenggara acara (event organizer)

Salah satu festival kuliner yang sedang berlangsung, kata Ana, ialah Festival Jajanan Viral yang diselenggarakan di Lippo Plaza Ekalokasari, Kelurahan Sukasari, bersama PergiKuliner mulai 25 September hingga 6 Oktober 2024.

Baca juga: Food Street Festival Suryakencana Bogor dorong ekonomi rakyat

“Kegiatan festival kuliner yang digelar baik komunitas maupun EO, semakin menguatkan identitas Bogor sebagai kota yang mengandalkan jasa wisata kuliner, menggerakkan perekonomian, dan pendapatan daerah,” kata Ana.

Dari data Disparbud Kota Bogor, dijelaskan Ana, kuliner atau gastronomi memang menjadi salah satu primadona daya tarik wisata di Kota Bogor.

Mall Director Lippo Plaza Ekalokasari Bogor Lis Pandanwangi mengatakan, festival kuliner kali ini bertema jajanan viral.

Dengan tujuan memberikan pengalaman kuliner yang berbeda bagi pengunjung, dan memudahkan warga Bogor menikmati jajanan yang sedang viral dari berbagai daerah.

Baca juga: Pemkot Bogor kolaborasi dengan Lippo Plaza Ekalokasari gelar festival kuliner

Terlebih, kata Lis, kuliner menjadi wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat seiring dengan tumbuhnya bisnis kuliner yang makin pesat. Bahkan banyak dari masyarakat mengunjungi pusat perbelanjaan untuk berwisata kuliner.

“Dengan alasan ini, kami membuat kegiatan kuliner ini dengan menghadirkan penggiat usaha kuliner yang cukup banyak. Total kurang lebih ada 30 pelaku usaha kuliner yang meramaikan Festival Jajanan Viral kali ini,” jelasnya.

Festival Jajanan Viral ini, kata Lis, hadir berkat kerja sama antara Lippo Plaza Ekalokasari Bogor dengan PergiKuliner.

PergiKuliner merupakan situs direktori dan review tempat makan terlengkap yang memuat tempat makan enak di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya mulai dari kedai kaki lima hingga restoran hotel bintang lima.

Baca juga: Liburan di Bogor nikmati kuliner Go-Food Festival

Selain situs direktori dan review tempat, PergiKuliner juga merupakan event organizer yang bergiat dalam mengangkat UMKM kuliner sekaligus menjadi fasilitator antara penyaji dan penyuka kuliner di Indonesia.

“Bagi warga Bogor khususnya yang ingin menikmati ragam kuliner atau jajanan viral sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta untuk mendapatkannya selama 12 hari ini bisa datang dan nikmati di Lippo Plaza Ekalokasari,” ucapnya. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024