Bogor (Antara Megapolitan) - Tak hanya menguasai ilmu kedokteran hewan,  Afifah Hasna, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB) juga berprestasi dibidang olahraga.

Akhir tahun lalu ia meraih medali perunggu dalam lomba lari menengah 1.500 meter UI Athletics Championship.

Ajang tersebut digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI Track and Field akhir tahun lalu.  Cabang Lomba lari menengah 1500 m itu merupakan satu diantara beberapa cabang lomba lainnya yang  diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Jabodetabek dan Jawa Barat.

Selama pertandingan berlangsung Afifah Hasna hanya memiliki kesempatan satu kali bertanding untuk menempati posisi juara.

Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan catatan waktu pada saat lomba berlangsung.  Sebelum pertandingan, setiap sore Afifah dan beberapa mahasiswa yang mewakili IPB  melakukan persiapan mandiri di Gymnasium IPB.

Jadwal kuliah yang padat tidak menghalangi Afifah untuk tetap berlatih. Pelatih adalah dari senior mereka yang berpengalaman dengan lomba atletik yang diikuti.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi Afifah selama bertanding dalam lomba tersebut ialah sebagian besar lawan peserta cabang lari menengah tersebut memiliki latar belakang atlet olahraga. Namun hal tersebut tidak melemahkan semangatnya untuk serius bertanding hingga meraih gelar juara.

''Ajang lomba atletik di UI Athletics Championship ini merupakan lomba atletik interkampus pertama yang saya ikuti. Capaian medali perunggu bagi saya merupakan sebuah prestasi yang membanggakan untuk terus dilatih,'' kata Afifah.

Memiliki pengalaman mengikuti lomba di ajang tersebut Afifah juga memiliki rencana mengikuti lomba serupa pada kesempatan berikutnya.

Olahraga atletik yang sedang berkembang dapat menjadi sebuah prestasi jika terus dilatih secara benar dan teratur, di samping tubuh yang sehat.(EAW/ris)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017