Kecamatan Cikarang Utara ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-56 tingkat Kabupaten Bekasi yang akan digelar mulai 29 September sampai 5 Oktober 2024.

Camat Cikarang Utara Enop Can mengatakan siap menjadi tuan rumah MTQ Kabupaten Bekasi tahun 2024 dan telah berkoordinasi dengan semua perangkat daerah terkait serta para pemuka agama setempat.

"Pada prinsipnya kami siap menjadi tuan rumah. Kami juga sudah melakukan rapat koordinasi bersama jajaran terkait," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Bupati resmi buka MTQ ke-55 tingkat Kabupaten Bekasi

Dia mengatakan sejumlah persiapan menuju ajang perlombaan MTQ tingkat Kabupaten Bekasi 2024 sudah dipersiapkan mulai dari sarana dan prasarana, termasuk fasilitas penginapan bagi para kafilah peserta.

"Kami sudah beberapa kali melakukan survei untuk tempat tinggal para kafilah, termasuk diantaranya akan ditempatkan di rumah-rumah warga," katanya.

Enop Can mengaku faktor tuan rumah memberikan dampak besar bagi wilayah itu, khususnya dalam upaya membumikan Al Quran serta membangkitkan semangat generasi muda mensyiarkan agama Islam.

Di sisi lain penyelenggaraan MTQ selama sepekan itu dinilai mampu mendongkrak perekonomian para pelaku usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah itu.

Baca juga: 3.000 peserta meriahkan pawai pembuka kegiatan MTQ Kabupaten Bekasi

"Kami berharap, MTQ tingkat Kabupaten nanti dapat mencetak qari-qariah berprestasi yang dapat mengharumkan nama wilayahnya, sekaligus membangkitkan perekonomian para pelaku UMKM," katanya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat Kecamatan Cikarang Utara untuk menjadi tuan rumah yang baik dan turut serta menyukseskan MTQ tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2024.

"Semoga MTQ tingkat Kabupaten Bekasi 2024 mendatang bisa sukses dalam segala aspek, terutama sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi untuk kami," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024