Pesilat asal Kabupaten Bekasi sukses menyumbangkan tiga medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 untuk kontingen Jawa Barat.
 
"Alhamdulillah kita sukses mengawal Jabar Hattrick Juara PON dengan tiga medali emas dari Kabupaten Bekasi untuk Jawa Barat," kata Ketua Harian IPSI Kabupaten Bekasi Rahmatullah Sidiq, Jumat.
 
Dia mengatakan tiga medali emas disumbangkan atlet Kabupaten Bekasi melalui Asep Yuldan Sani dan kawan-kawan dari seni beregu putra serta Mohammad Shafril Asad dari kelas I +80-85 kilogram putra.

Baca juga: Atlet Kabupaten Bekasi telah sumbang 47 medali pada PON 2024 untuk Jabar
 
Pesilat Igi Angga Barani yang turun di kelas G +75-80 kilogram menjadi penyumbang emas ketiga untuk Jawa Barat setelah di babak final mengalahkan atlet Sumatera Utara dengan skor 27-21.
 
Pesilat Kabupaten Bekasi juga mampu meraih dua medali perak. Pertama dari nomor seni beregu putri dengan materi pesilat Seiyhan Noorazhara, Devina Sintya Nabila, dan Anna Triana Mustika.
 
Kemudian medali perak kedua disumbang dari nomor tanding putri kelas F atas nama Rahmawati yang harus merelakan medali emas PON Aceh-Sumut 2024 akibat cedera.

Baca juga: Raqiel Az-Zahra buka keran emas cabang olahraga selam kolam PON untuk Jabar
 
Peraih medali perunggu SEA Games Hanoi Vietnam 2021 dan medali emas kejuaraan Southeast Asia Pencak Silat 2022 di Singapura itu tak berdaya saat menghadapi Atika Sani dari Bangka Belitung di partai puncak.
 
"Dia (Rachmawati) memang sudah cedera sejak sebulan sebelum PON dan saat final cederanya kambuh hingga tidak mampu melanjutkan pertandingan. Namun kita apresiasi perjuangan dia karena meski cedera masih mampu menyumbangkan perak untuk Jawa Barat," katanya.
 
Rahmatullah mengaku hasil tersebut menyempurnakan gelar juara umum cabang olahraga pencak silat PON Aceh-Sumut 2024 yang dicapai Jawa Barat dengan total koleksi lima emas, lima perak, serta tiga perunggu, sekaligus hatrrick PON pada cabang olahraga ini.
 
Baca juga: Atlet muaythai Kabupaten Bekasi borong empat medali emas PON untuk Jabar
 
Pertandingan cabang olahraga pencak silat PON Aceh-Sumut 2024 memperebutkan 22 medali emas dengan jumlah peserta sebanyak 264 pesilat dari 32 provinsi yang digelar di GOR Veteran, Medan pada 9-13 September 2024.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024