Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan donor darah bekerja sama dengan unit donor darah PMI setempat dalam rangka menyambut HUT ke-43 perusahaan pada 29 September mendatang.
 
Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol pada Bagian Hukum dan Humas Perumda Tirta Bhagasasi, Hasan Basri mengatakan donor darah digelar di kantor pusat, Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat diikuti karyawan kantor pusat, cabang, serta cabang pembantu.
 
"Dari 120 orang pendaftar, 80 orang berhasil donor setelah dipastikan layak melalui pemeriksaan kesehatan oleh tim medis PMI," katanya di Cikarang, Kamis.

Baca juga: BUMD Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi bantu warga terdampak kekeringan
Baca juga: Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi utamakan kepuasan 350.000 pelanggan
 
Dia mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan menjelang hari ulang tahun perusahaan dengan mengajak segenap karyawan untuk turut berpartisipasi.
 
"Ini agenda rutin, setiap tahun kita lakukan dan dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bekasi. Jadi, pendistribusian darah hasil donor sepenuhnya menjadi kewenangan PMI," katanya.
 
Direktur Teknik Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi Johny Dewanto yang menyumbangkan darahnya mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat. "Ini salah satu bentuk kepedulian sosial dari para pegawai untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan dilaksanakan tiap tahun," katanya.
 
Baca juga: Perumda Tirta Bhagasasi gelar bulan promo sambut Hari Jadi Bekasi dan HUT RI
 
Sementara itu, tenaga medis PMI Kabupaten Bekasi Adinda Nurani Putri menjelaskan dalam sebulan pihaknya mampu mendapatkan rata-rata 1.600 kantong darah melalui kegiatan donor.
 
Peserta donor darah bervariasi, mulai dari perorangan, karyawan perusahaan di kawasan industri Kabupaten Bekasi, hingga lembaga-lembaga lain yang mengajukan kerja sama dalam kegiatan tersebut.
 
"Dari rata-rata 1.600 kantong darah pendonor, terbanyak golongan darah AB, B, dan O. Untuk golongan darah A lebih sedikit dibanding golongan darah lain," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024