Pengembang perumahan PT Ajna Bali Propertindo membuat terobosan baru membangun perumahan La Lumina Mansion di kawasan strategis Seminyak, Bali, tanpa menggunakan saluran kabel udara dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Badung, Bali.

Penjabat Sekda Badung Ida Bagus Surya Suamba Negara saat peresmian La Lumina Mansion, Senin, berharap hal itu bisa ditiru pengembang lainnya. 

Menurut dia, dengan utilitas kabel terpadu bawah tanah, estetika atau perwajahan Badung akan semakin tertata. Suamba Negara menjelaskan, selama ini pembangunan di Badung terkesan semrawut karena banyaknya kabel udara melintang tidak beraturan. 

Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Badung tidak diam melihat kondisi tersebut, melainkan sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) terkait utilitas terpadu kabel bawah tanah.
 
"Pertama, kami harapkan masing-masing pengusaha mengikuti hal ini (yang dilakukan PT Ajna Bali Propertindo). Saat ini Pemkab Badung sudah menyiapkan utilitas terpadu di kawasan pariwisata. Seperti di Canggu, kami turunkan kabel udara ke drainase," ujarnya.

Pemkab Badung juga menargetkan dalam lima tahun ke depan daerah tersebut bebas kabel udara di kawasan wisata. 

"Perda sudah ada tahun 2016, Utilitas Terpadu di Kabupaten Badung," kata dia. 

Ida Bagus Surya Suamba Negara juga mengucapkan terima kasih kepada PT Ajna Bali Propertindo atas investasi yang dilakukan. Selain menambah estetik perwajahan Badung karena menggunakan lahan yang tidak produktif, pembangunan juga menambah pendapatan asli daerah. 


 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024