Bogor (Antara Megapolitan) - Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yakni Dina Yauma Asra (Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) meraih Juara I Lomba Essay Nasional pada acara Goresan Ide Pertanian (GORDEN) dalam rangka Semarak Hari Pertanian yang diadakan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS).

Lomba ini mengusung tema ''Peran Pemuda dalam Menyongsong Kedaulatan Pangan Republik Indonesia''. Potensi Indonesia dalam sektor pertanian sangat besar dan memiliki potensi yang luar biasa dalam memenuhi kebutuhan pangan seluruh warga negaranya. Potensi alam di Indonesia bisa dimanfaatkan dari hulu hingga hilir.

Pertanian terus berkembang menyesuaikan perkembangan teknologi, hingga kini banyak muncul pertanian berbasis agrobisnis. Banyak kebijakan dari pemerintah yang dibuat untuk memperbaiki dan meningkatkan pertanian dan produksinya, sampai kebijakan swasembada pangan -(beras, jagung dan kedelai) selama 3 tahun. Potensi yang besar tersebut masih kurang pengelolaannya sehingga hasil produksinya belum maksimal.

Dalam ajang tersebut Dina menulis essai yang berjudul ''Pemanfaatan Atap Bangunan sebagai Lahan Pertanian Agrofisheries di Wilayah Perkotaan''. Lomba esai ini bersifat individu. Hasil dari puluhan karya terbaik diambil sebanyak 10 karya untuk masuk final yang diadakan di UNS.

''Disini saya coba mengangkat peran pemuda dalam pertanian Indonesia. Optimalisasi lahan pertanian perlu diupayakan mengingat semakin minimnya lahan pertanian, salah satunya adalah memanfaatkan lahan yang ada yaitu di atap bangunan, perkotaan. Kita harus meningkatkan kemampuan diri dan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang pertanian untuk meningkatkan kontribusi kita dan memberikan inovasi-inovasi pertanian untuk Indonesia tercinta,'' ujarnya.

Dina menjelaskan, perkotaan pada umumnya jauh dari pertanian dan lahan pertanian semakin sedikit. Dalam tulisan ini ia membuat gagasan untuk membangun sawah di atap gedung perkotaan.

Agrofisheries merupakan integrasi perikanan dan sawah pertanian. Dengan agrofisheries selain panen padi maka petani pun juga dapat memanen ikan. Sistem pertanian bertingkat di atap rumah sudah berhasil dilakukan oleh petani di China.

Beton dilapisi oleh Geomembran untuk memperkuat beton dan menahan air tidak terserap ke dalam beton yang tahan air (waterproof), sehingga hilangnya air dan erosi lahan tidak menjadi kendala.(AT/Zul)

Pewarta: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017