Tim Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Salsabil Homeschooling, Tangerang Selatan, dengan tema “Pengembangan Karakter dan Kepercayaan Diri Anak dengan INSPO (Inspiration Project).”

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali anak dengan keterampilan public speaking sebagai bagian dari upaya pengembangan karakter dan kepercayaan diri, dengan menghadirkan narasumber yaitu Mila Viendyasari bersama tim Yayasan Siap Bergerak.

"Kegiatan ini diselenggarakan untuk lebih dari 30 anak-anak jalanan di Salsabil Homeschooling di bawah asuhan Noverta Ismail dari Yayasan Rabbani,” ujar  Ketua Program Pengabdian Masyarakat Andhita Yukihana Rahmayanti dalam keterangannya, Minggu.

Baca juga: Vokasi UI gelar Festival Film 2024 sebagai wadah mahasiswa hidupkan ide
Baca juga: Dosen Vokasi UI kenalkan aplikasi ubah sampah botol plastik menjadi e-Money

Ia mengatakan peserta diperkenalkan dengan konsep "5P" dalam public speaking: Power (tenaga), Preparation (persiapan), Pace (tempo bicara), Pesona (penampilan), dan Practice (latihan).

Peserta diingatkan tentang hal yang harus dihindari saat berbicara di depan umum, seperti membaca naskah secara penuh, membelakangi audiens, dan menunjukkan sikap tidak percaya diri.

Program ini diharapkan meningkatkan kemampuan public speaking, gilirannya akan bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan profesional dan personal mereka.

Baca juga: Dosen Vokasi UI mengenalkan ARSI Chatbot

“Ketua Yayasan Siap Bergerak mengatakan para siswa Salsabil Homeschooling juga diminta melakukan praktik "opening" pada public speaking, mereka diajak belajar untuk membuka suatu acara pada kegiatan yang mereka tentukan sendiri secara berkelompok.

Para siswa belajar untuk membuat naskah MC dan berlatih menampilkannya di depan umum melalui perwakilan masing-masing kelompok. Hasil dari penampilan para siswa sangat mengagumkan karena tanpa disangka mereka memiliki bakat dalam menjadi MC,” tutup Andhita Yukihana Rahmayanti, yang juga Ketua Program Studi Akuntans Vokasi UI.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024