Bandarlampung (Antara Megapolitan-Bogor) - Gubernur Provinsi Lampung M. Ridho Ficardo mengajak para peserta puncak peringatan Hari Keluarag Nasional (Harganas) dari berbagai daerah di Indoensia untuk menikmati keindahan Alam Provinsi Lampung.

"Provinsi Lampung memiliki banyak sarana-prasarana serta tempat-tempat wisata yang indah. Harapan saya hadirin sekalian tidak hanya hadir di Harganas, tapi silakan menikmati keindahan alam di Provinsi Lampung," ajak Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat memberikan sambutan pada acara puncak Harganas 24 di Lapangan PKOR Way Halim, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Sabtu (15/07/2017).

Harganas XXIV Tahun 2017 ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, dan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, juga dihadiri oleh Gubernur, Bupati, Wali kota juga penggerak PKK Provinsi Se-Indonesia.

Gubernur Ridho menyatakan merasa terhormat karena BKKBN telah berkenan menjadikan Provinsi Lampung sebagai tuan rumah Harganas XXIV. "Ini merupakan kehormatan bagi kami Provinsi Lampung, dan merasa lebih terhormat lagi dengan kedatangan ibu Menko di sini," katanya

Gubernur Ridho juga mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah pusat, khususnya kepada Bapak Presiden dan kabinet atas dukungan serta bantuan yang diberikan untuk pembangun di Provinsi Lampung.

"Hakikat pembangunan adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya dimulai dari satuan terkecil, yaitu kekuarga. Kita membangun infrastruktur, kita bangun sarana dan pra-sarana, tapi kembali pokoknya adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya," tandas Ridho.

Kerja Sama Pusat Dengan Daerah

Menko PMK Republik Indonesia, Puan Maharani pada kesempatan itu menyatakan bahwa pembangunan yang baik memerlukan kerja sama yang baik antara pusat dengan daerah, "Memang diperlukan sinergisitas yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah guna pembangunan dan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Menko Puan juga menyatakan bahwa pembangunan yang baik memang bukan hanya membagun infrastruktur, tapi juga membangun sumberdaya manusia yang dimulai dari keluarga.

Lebih lanjut, Menko Puan mengapresiasi pembangunan Provinsi Lampung yang sangat pesat. "Saya tadi di jalan sempat tanya sama Pak Gub, ini jalan baru ya pak? karena tadi perjalanan lancar sekali, sepanjang jalan juga rapih tidak ada banner-banner yang tidak seharusnya." katanya

Menko berharap peringatan Harganas ini bisa menjadi wadah dalam membentuk keluarga yang berketahanan, berkarakter, bahagia dan sejahtera. "Semoga acara ini bukan hanya sekadar seremonial, tapi dapat memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat," pungkas Puan

Dalam kegiatan tersebut Ketua Umum PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo menyerahkan piala kepada pemenang lomba PKK. Sedangkan penyerahan penghargaan Anugerah Satya Lencana Pembangunan kepada satu Gubernur dan 11 Bupati/wali kota se-Indonesia oleh Menko Puan Maharani.

Kemudian Piala BKKBN diserahkan oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia.

Menko PMK juga menyerahkan bantuan berupa paket ikan, paket makanan pendamping ASI, makanan tambahan anak sekolah, makanan tambahan ibu hamil, tas sekolah, Kartu Indonesia Pintar anak sekolah untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, bantuan untuk lansia, alat perangkat teknologi tepat guna.

Dalam acara ini, Menko Puan juga membagikan 10 buah sepeda kepada 10 orang yang bisa menjawab pertanyaan titipan dari Presiden Joko Widodo. (RLs/ANT/BPJ/MTh).

Pewarta: Tim Media M. Ridho Ficardo

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017