Sukabumi, 11/10 (ANTARA) - Sebanyak 18 santri  dari Pondok Pesantren Dzikir AL-Fath Kota Sukabumi diberangkatkan ke Morotai, Kota Ternate, mengikuti Festival Olahraga Tradisional Nasional 2012 untuk mewakili Kontingen Jawa Barat.

"Mereka akan mewakili Jabar dalam Festival Olahraga Tradisional tingkat nasional, nantinya di sana mereka akan memperagakan olah raga Ngagotong Eusi jeung Lisung (menggotong isi dan alat penumbuk padi) dan Bola Leungeun Api (bola tangan api)," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Sukabumi, Beni Haerani, kepada wartawan, Kamis.

Menurut Beni, festival ini akan berlangsung sejak 11-15 Oktober dan pihaknya menargetkan santri ini bisa meraih gelar juara pertama tingkat nasional.

Selain melepas santri untuk mengikuti festival tersebut, pihaknya juga mengirimkan atlet pemkot untuk mengikuti Pekan Olah Raga Pemerintah Daerah (Porpemda) tiingkat jabar  2012.

"Untuk Festival Olahraga tingkat nasional kami targetkan meraih juara pertama tingkat nasional, dan untuk Propemda akan berlangsung selama lima hari, dari 15 sampai 19 Oktober yang bertempat di Kabupaten Kuningan," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga mengirimkan kontingen Pencak Silat Kota Sukabumi, untuk mengikuti Festival Budaya Beladiri Masyarakat (BBM) usia dini (9-12 tahun) tingkat Jabar yang akan berlangsung selama dua hari, dari 15 sampai 16 Oktober yang bertempat di Bandung.

Sementara, Wali Kota Sukabumi, Muslikh Abdussyukur mengatakan, para atlet yang dikirim agar menjaga kebugaran, kesehatan dan stamina, kekompakan dan kebersamaan, serta disiplin.

"Kami berharap kontingen dari Kota Sukabumi ini, bisa meraih prestasi yang dapat membangga semua pihak, sekaligus membawa harum nama daerah baik di tingkat Jabar maupun nasional," kata Muslikh.
 


Aditya

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012