Sukabumi (Antara Megapolitan) - Warga Kota Sukabumi, Jawa Barat menggelar aksi bersih-bersih sungai yang dipimpin langsung Wakil Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi pada Jumat, (14/7) di aliran Sungai Cisarua.

"Kegiatan ini selain bagian dari peringatan hari Linghungan Hidup se-Dunia 2017, juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membiasakan membuang sampah ke sungai," kata Fahmi di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih sungai ini juga serempak dilaksanakan di seluruh wilayah Jawa Barat yang digagas Pemprv Jabar. Aksi gotong royong membersihkan Sungai Cisarua di Kecamatan Cikole juga untuk bertujuan menjaga kebersihan aliran sungai.

Apalagi masih cukup banyak warga Kota Sukabumi yang memanfaatkan air sungai untuk aktivitas sehari-harinya seperti mencuci pakaian, mandi dan lain-lain. Sehingga kebersihan air sungai ini perlu dijaga.

Pihaknya juga mengapresiasi warga yang sudah sadar dan semakin peduli dengan kondisi sungai yang mengalir di Kota Sukabumi dan diharapkan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan rutin dilakukan tidak hanya momen tertentu saja.

"Kami juga berharap kebersihan sungai bisa terjaga dari hulu hingga hilir dan berkoordinasi dengan Pemkab Sukabumi karena seluruh aliran sungai yang mengalir di Kota Sukabumi berasal dari Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Fahmi mengatakan sungai merupakan salah satu peradaban manusia jika kondisinya tercemar maka warga juga yang terkena imbasnya seperti mudah timbul penyebaran penyakit, kesulitan mendapatkan air bersih dan lain-lain.

Maka dari itu, ia juga mengkamapanyekan sungai bebas sampah dan juga sungai merupakan sumber penghidupan manusia yang keberadaannya harus dijaga.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017