Siswa SMP dan SMK IDN Boarding School Solo mengikuti Perkemahan Pramuka Internasional (Scout Camp International), yang diikuti oleh siswa dari 17 sekolah di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia dan Thailand selama tiga hari di Sangkhom Islam Wittaya School Phattanasart, Thailand.

Mereka adalah Ammar Izzudin, Faiz Hussein, Firja Abiyu, Fadlan Yusuf, Ihsan, Raihan Ali Fikri, Raihan Ganyu, Shan Ahmad, Sora Algamar dan Taqi Alhakim

“Dengan mengikuti program kepanduan Pramuka, kami memiliki kesempatan untuk membangun komunikasi dan jaringan dengan sesama siswa dari negara lain," kata Siswa SMK RPL, IDN Boarding School Solo Sora Algamar, dalam keterangannya, Minggu.

Baca juga: Enam Pelajar Kota Bogor Ikuti Jambore Internasional

Ia mengatakan ketika pertemuan dirancang dalam sebuah aktivitas kelompok yang menyatukan peserta dari berbagai bangsa, ini menjadi pengalaman unik sekaligus menyadarkan kami semua, bahwa bahasa menjadi jembatan yang strategis untuk membangun hubungan dengan orang lain.

“Di Thailand, kami berkesempatan untuk memberikan materi IT kepada para siswa-siswi SMP dan SMA, dengan materi diantaranya Framework CSS, sebuah ketrampilan untuk membuat website," katanya.

Menurut dia kami mengajar selama dua hari, di sekolah yang sistem dan mekanisme pendidikannya berbeda.

Baca juga: Pramuka diingatkan untuk meningkatkan komunikasi internasional

"Situasi ini membuat kami mendapatkan pengetahuan baru bahwa setiap negara memiliki metode pengajaran yang beragam. Kami bersyukur, dapat menempuh studi di IDN, yang memiliki jaringan global kuat. Kami selalu memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri, membangun portofolio, hingga mengasah kepemimpinan,” tutup Sora Algamar, Co-Founder JejakBaik.org

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024