Festival Merah Putih (FMP) 2024 yang telah digelar selama bulan Agustus di Kota Bogor, Jawa Barat, secara resmi ditutup dalam sebuah acara di Yonif Mekanis 315/Garuda, Sabtu.

Acara penutupan FMP 2024 ini berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan, seperti fun mini soccer antara forkopimda dan jurnalis, lomba yel-yel antarkesatuan, permainan tradisional anak-anak, dan prosesi penyerahan pataka.

Danrem 061/Suryakencana Brigjen TNI Faisol Izuddin menyebutkan FMP 2024 ditutup setelah menggelar 17 rangkaian kegiatan selama sebulan penuh dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Mulai dari pengibaran dan penurunan bendera setiap hari di Tugu Kujang, kirab Bendera Merah Putih 200 meter pada 18 Agustus, dan berbagai kegiatan lain,” ujarnya.

Baca juga: Festival Merah Putih kolaborasi PFI Kota Bogor gelar pameran foto
Baca juga: Kota Bogor lakukan kirab bendera merah putih 200 meter pada Minggu

Menurutnya, FMP 2024 merupakan kegiatan yang luar biasa. Sebab, berdasarkan pengalamannya, ajang ini baru diadakan di Kota Bogor, dan mungkin belum dilaksanakan di wilayah lain.

“Namun demikian kita berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan di tempat yang lain. Kita berharap semangat Merah Putih bisa diterapkan di tempat lain, dari Bogor untuk Indonesia,” ucapnya.

Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari turut memuji inisiatif masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan ini. Dalam hal ini, komunitas Bogor Sahabats (BOBATS) yang telah menggagas dan menjadi motor penggerak utama FMP.

“Ini bentuk keberhasilan suatu daerah saya kira. Dengan forkomnya, dalam mendorong masyarakat untuk ikut dalam nasionalisme dan kebangsaan. Tidak hanya sekadar lomba-lomba, ini lebih kepada menyasar masyarakat sebulan penuh,” ucapnya.

Baca juga: Pemkot Bogor dukung kegiatan Festival Merah Putih selama Agustus

Hery berharap, Wali Kota Bogor berikutnya bisa melanjutkan ajang FMP di tahun-tahun selanjutnya. Sebab menurutnya kegiatan ini merupakan kebiasaan yang luar biasa.

“Ini bentuk pendidikan demokrasi yang luar biasa dengan belasan kegiatan. Semoga wali kota yang akan datang bisa melanjutkan,” kata Hery.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024