Kabupaten Bekasi ditunjuk menjadi tuan rumah rapat koordinasi pengelolaan dana umat oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) se-Provinsi Jawa Barat.
 
"Terima kasih kepada Baznas Jawa Barat yang telah mempercayakan Kabupaten Bekasi sebagai tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi ini," kata Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam usai membuka kegiatan itu di Cikarang, Kamis.
 
Ia menjelaskan, rapat koordinasi pelaksanaan keuangan serta pelaporan keuangan ini perlu dilakukan mengingat daerah kabupaten dan kota se-Jawa Barat memiliki pola pengelolaan dana umat yang seragam.
 
"Oleh karena itu nanti di sini bisa saling sharing antar-kabupaten dan kota menyangkut pengelolaan yang lebih baik serta bisa mengambil pengalaman agar regulasi Baznas lebih baik ke depan," katanya.
 
Jaoharul mengaku peranan Baznas Kabupaten Bekasi selama ini sudah cukup baik dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di daerah itu.
 
Banyak program bermanfaat yang dihasilkan melalui sejumlah terobosan baru terkait pengumpulan zakat, infak, dan sedekah, termasuk pengelolaan distribusi dana umat tersebut.
 
"Terus berinovasi agar ke depan kinerja Baznas semakin baik, namun dengan catatan harus tetap mengikuti prinsip ajaran sesuai syariah dan aman," katanya.
 
Wakil Ketua III Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan Baznas Provinsi Jawa Barat Achmad Ridwan mengatakan, Baznas merupakan salah satu mitra strategis pemerintah untuk membantu mengentaskan kemiskinan di Jawa Barat.
 
"Kami adalah mitra pemerintah, tentu harus bisa saling berkolaborasi bersama agar pengelolaan zakat ini bisa menjadi lebih baik serta bermanfaat khususnya bagi masyarakat Jawa Barat," katanya. (KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024