Politisi Partai Gerindra Rudy Susmanto ditetapkan sebagai ketua sementara DPRD Kabupaten Bogor Jawa Barat periode 2024-2029 yang bersamaan dengan pelantikan 55 anggota dewan di Gedung DPRD, Cibinong, Selasa.

Sebanyak 55 anggota DPRD Kabupaten Bogor ini dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cibinong Sugeng Sudrajat.

Rudy bersama politisi Partai Golkar Wawan Hikal Kurdi sebagai wakil ketua sementara, bertugas membentuk alat kelengkapan dewan (AKD).

Partai Gerindra menjadi pemenang dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Kabupaten Bogor pada 14 Februari 2024. Partai besutan Prabowo Subianto itu meraih 12 kursi dan berhak atas jabatan Ketua DPRD.

Baca juga: Ketua DPRD Bogor Rudy Susmanto beri bantuan kampung ramah lingkungan
Baca juga: Tujuh parpol sepakat usung Rudy Susmanto di Pilkada Kabupaten Bogor

Rudy Susmanto sejatinya berhak atas kursi Ketua DPRD Kabupaten Bogor usai meraih suara terbanyak dari 55 anggota terpilih dalam Pileg 2024.

Namun, Rudy Susmanto ditugaskan langsung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, untuk menjadi calon Bupati Bogor dan bertarung dalam kontestasi Pilkada 2024 Kabupaten Bogor.

"Mudah-mudahan tidak lama jadi ketua sementara. Karena masih ada 11 anggota DPRD dari Gerindra menunggu tugas menjadi ketua DPRD definitif," kata Rudy.

Rudy akan mundur dari jabatannya sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkannya menjadi calon bupati.

Baca juga: Rudy Susmanto gandeng perancang IKN untuk penataan Cibinong Raya

Meski begitu, keputusan untuk menjadi pimpinan DPRD nantinya diputuskan oleh DPP Gerindra. Sehingga siapapun dari 12 orang dewan terpilih dari Gerindra, harus siap menjadi Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

Agenda pelantikan 55 Anggota DPRD Kabupaten Bogor ini juga dihadiri Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu dan sejumlah tokoh Kabupaten Bogor.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024