Calon Wali Kota Depok Supian Suri mengatakan Ketua RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) memiliki peran vital dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kerukunan di masyarakat, untuk itu ia berjanji akan menaikkan insentif RT RW hingga tiga kali lipat jika terpilih.

Supian Suri di Depok, Jumat mengatakan para RT RW  bertanggung jawab untuk mengurus administrasi kependudukan, memelihara ketertiban lingkungan, dan menyelesaikan perselisihan di tingkat masyarakat.

Sebagai mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri paham betul bagaimana peran dan tugas Ketua RT dan RW di lingkungannya. Karena itulah Calon Wali Kota Depok ini siap mengalokasikan anggaran untuk menambah besaran insentif bagi RT dan RW.

Tak main-main insentif RT RW di Kota Depok akan dinaikkan hingga tiga kali lipat dari angka yang diberikan pemerintah saat ini.

Supian menjelaskan, program ini menjadi prioritas utama. Mengingat kinerja mereka (RT RW) menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan ujung tombak roda pemerintahan.

"Meningkatkan insentif RT RW menjadi kunci untuk memberikan perubahan yang serius kepada kota maupun masyarakat," tegasnya.

Keseriusan program ini, kata Supian sudah diperhitungkan bersama Calon Wakil Wali Kota Depok, Chandra Rahmansyah, tim, termasuk para pakar pemerintahan. Dipastikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok sangat mumpuni untuk meningkatkan intensif RT RW.

"Karena ini program prioritas buat kami jadi sudah ada hitung-hitungannya,  dan APBD cukup untuk menambah insentif RT RW," ujar Supian.

Saat ini insentif Ketua RT dan Ketua RW dan LPM bervariasi dan hanya dapat diambil per tiga bulan sekali. Ketua RT mendapatkan Rp1,8 juta, Ketua RW Rp2,4 juta dan LPM Rp4 juta. Jika dirata-ratakan Ketua RT mendapatkan insentif Rp600 ribu/bulan, Ketua RW Rp800/bulan dan LPM Rp1,3 juta/bulan.

Senada dengan itu, Calon Wakil Wali Kota Depok, Chandra Rahmansyah memastikan, kenaikan insentif RT RW dapat menjadi upaya konkret untuk mendorong Ketua RT dan Ketua RW melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan bertanggung jawab.

"Dengan adanya program peningkatan insentif RT RW, diharapkan bisa menambah semangat para pengurus lingkungan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pro aktif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di lingkungannya," ungkap Chandra.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024