Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan mengajak masyarakat dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Purwakarta, Jawa Barat untuk mengejawantahkan esensi kemerdekaan dalam pembangunan kewilayahan pada momentum HUT Ke-79 RI.

"Purwakarta telah berdiri selama 193 tahun sebagai kota dan 56 tahun sebagai kabupaten. Tentu waktu itu bukan waktu yang singkat. Dalam kurun waktu tersebut, cita-cita kemerdekaan masih diperjuangkan hingga saat ini," kata Benni saat memimpin upacara peringatan HUT Ke-79 RI di Purwakarta, Sabtu.

Ia mengatakan setiap langkah yang dilakukan harus memiliki semangat perubahan yang mulia untuk menghasilkan karya demi kemajuan bangsa dan negara.

Baca juga: Pj Bupati Purwakarta motivasi 52 Paskibraka jelang bertugas

Begitu juga dengan visi jangka panjang Purwakarta, yakni menjadi kabupaten yang maju, mandiri, dan berkelanjutan dalam 20 tahun ke depan.

"Visi ini hendaknya tidak hanya sekedar menjadi slogan semata, namun harus diwujudkan melalui langkah-langkah nyata, program pembangunan yang terukur, serta kolaborasi yang erat antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan segenap pemangku kepentingan lainnya," kata Benni.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024, merupakan peringatan dalam masa transisi sebelum Purwakarta dipimpin oleh bupati definitif hasil pemilihan kepala daerah serentak.

"Sebagai Penjabat Kepala Daerah beserta seluruh jajaran, kami bertugas untuk memastikan tetap berjalannya roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik sebagaimana mestinya," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Purwakarta ajak masyarakat ciptakan lingkungan kondusif bagi anak

Dalam waktu yang bersamaan, katanya, juga berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), merealisasikan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) secara proporsional dan bertahap melalui program-program pembangunan, serta mendorong efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran agar lebih tepat sasaran dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Purwakarta.

"Mudah-mudahan pada akhir tahun ini, semua target capaian pembangunan daerah dapat terealisasi secara optimal sesuai dengan harapan kita semua," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024