Sebanyak 600 orang pelajar dari berbagai satuan lingkungan pendidikan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengikuti kegiatan latihan gabungan pasukan pengibar bendera (Paskibra) sekolah di lapangan plasa pemda setempat.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan latihan gabungan anggota paskibra sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kerapihan siswa, terutama berkaitan standar peraturan baris-berbaris (PBB).

"Hari ini paskibra tingkat sekolah kita fasilitasi latihan bersama dengan anggota paskibra tingkat Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan kedisiplinan dan kerapihan mereka saat bertugas nanti," katanya di Cikarang, Minggu.

Baca juga: 48 anggota Paskibra terpilih Kabupaten Bekasi jalani masa karantina

Ia mengatakan nilai-nilai paskibra melekat pada individu petugas yakni kecintaan terhadap tanah air. Hal ini pun yang harus menjadi contoh ketika mereka ada di tengah masyarakat maupun lingkungan sekolah.

"Bagaimana pun seorang anggota paskibra bukan hanya terlibat mengibarkan bendera tetapi di dalamnya adalah para pelajar teladan yang harus menjadi contoh dan memiliki kecintaan terhadap tanah air," katanya.

Dirinya mengaku latihan gabungan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan setiap satu bulan sekali sehingga pelaksanaan pengibaran bendera di setiap sekolah bisa terus terpantau.

"Sudah diusulkan pula pelatihan paskibra untuk digulirkan setiap bulan. Di beberapa daerah juga selalu ada latihan gabungan paskibra sebulan sekali. Sehingga betul- betul sesuai standar yang diterapkan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi lepas keberangkatan anggota paskibra ke provinsi dan nasional

Dani menyatakan prestasi anggota Paskibra Kabupaten Bekasi sudah teruji dan selalu berhasil mendominasi di tingkat provinsi. Bahkan dalam empat tahun terakhir sejumlah anggota paskibra asal daerah itu selalu mewakili Jawa Barat di level Nasional.

"Tahun ini ada perwakilan dari wilayah kita untuk bertugas mengibarkan bendera di Ibu Kota Negara, Nusantara di Kalimantan Timur, upacara perdana di sana," ucapnya.

Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan pada Bakesbangpol Kabupaten Bekasi Rama Batosadan Matandung mengatakan latihan bersama ini menjadi salah satu dasar untuk menjadi paskibra tingkat Kabupaten Bekasi.

"Secara keseluruhan semua penampilan paskibra tingkat sekolah se-Kabupaten Bekasi patut diapresiasi. Sudah bagus, tinggal disempurnakan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi berikan Pin Penghargaan kepada 47 anggota Paskibra HUT ke78 RI

Dirinya mengakui faktor wawasan kebangsaan menjadi salah satu persyaratan dalam seleksi anggota paskibra tingkat Kabupaten Bekasi yang perlu dipahami secara luas, selain memahami peraturan baris-berbaris.

"Dalam seleksi tingkat kabupaten, ada tes wawasan kebangsaan. Kami di Kesbangpol, bersama Purna Paskibra Indonesia akan turun ke sekolah, mulai SMP dan SMA untuk mengenalkan regulasi tersebut," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024