Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan melakukan penataan parkir di delapan titik sepanjang Jalan Tegar Beriman dengan menerapkan pembayaran non tunai. Demikian dijelaskan Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih, Kamis (8/8).

Untuk diketahui, uji coba penataan parkir tepi jalan umum di delapan titik Jalan Tegar Beriman akan dilakukan selama tiga bulan dengan menerapkan pembayaran non tunai atau Qris. Delapan titik tersebut diantaranya di Gerbang Tegar Beriman, Situ Plaza, Taman Pancakarsa, Cibinong City Mall, Cibinong City Center, Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Mie Gacoan, dan Bank BJB.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih menjelaskan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2023, akan dilakukan uji coba penerapan parkir tepi jalan umum (parking on street) dan penerapan pembayaran secara non tunai di pada tanggal 19 Agustus 2024.

Baca juga: Dishub Bogor tambah jam patroli optimalkan penertiban parkir liar di Jalur Puncak

“Penerapan parkir non tunai dilaksanakan pada jam 07.00 s.d 16.00 WIB, dengan menempatkan anggota kami untuk bertugas. Dan tentunya dengan dipersiapkan sarana prasarananya,” jelas Dadang.

Dadang mengungkapkan, dalam penerapan penataan parkir ini juga, anggota Dishub Kabupaten Bogor diturunkan secara langsung berjumlah 30 orang untuk bertugas mengatur lalu lintas di sekitar lokasi parkir dan juga untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran secara non tunai.

“Terdapat beberapa hal yang akan kami siapkan dalam penataan parkir di Jl. Tegar Beriman ini, mulai dari perubahan rambu, pembuatan marka parkir, dan juga penyempurnaan sistem pembayaran non tunai nya itu sendiri,” ungkap Dadang.

Baca juga: Dishub Bogor perbanyak Pospam awasi sopir truk tambang

Dadang menambahkan, tanggal 7 Agustus 2024 telah dilakukan sosialisasi dengan pemasangan spanduk pemberitahuan dan juga dialog secara langsung dengan masyarakat yang berada di sekitar lokasi, terkait akan dilakukannya parkir non tunai di Jl. Tegar Beriman.

“Sosialisasi juga terus dilakukan melalui media massa dan juga Videotron, agar informasi kegiatan penataan parkir ini tersebar ke seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” tandas Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih.

Pewarta: Diskominfo Kabupaten Bogor

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024