Kepolisian Resor Bogor melakukan pengecekan kesiapan kendaraan untuk pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2024.

"Ini untuk persiapan pilkada serentak pada tanggal 27 November mendatang," ungkap Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro usai apel di halaman Mako Polres Bogor, Cibinong, Senin.

Pada apel tersebut, Polres Bogor menghadirkan 205 kendaraan, mulai dari sepeda motor, kendaraan roda empat, roda delapan, hingga kendaraan roda 10, untuk memastikan kelaikannya.

Baca juga: Partai Demokrat dukung Rudy Susmanto pada Pilkada Kabupaten Bogor
Baca juga: LS Vinus: Jaro Ade-Rudy Susmanto elektabilitas tinggi di Pilkada Bogor

Kapolres menemukan dua kendaraan pengurai masa yang belum ada komponen aki baterai.

Namun, dia memastikan dua kendaraan tersebut segera diperlengkapi dalam kurun 1 pekan.

"Hal ini karena faktor kendaraan adalah faktor pendukung utama pelaksanaan pengamanan pilkada mendatang," ujarnya.

Polres Bogor juga menyiagakan sebanyak 1.096 personel yang telah terlatih secara skill untuk pengamanan Pilkada Serentak 2024.

AKBP Rio menegaskan bahwa personel berperan aktif mendukung upaya-upaya antisipasi dalam pengamanan pilkada, mulai dari gangguan kamtibmas hingga bencana alam.

Baca juga: Relawan Bogor Istimewa deklarasikan dukung Rudy Susmanto di Pilkada 2024


"Upaya-upaya apabila terjadi bencana alam, kami menyiapkan tenda di masing-masing polsek agar menjadi sarana dapur umum atau dapur sementara bagi masyarakat yang terkena dampak bencana alam," kata dia.

Ia menekankan jajaran kepolisian selalu menjaga netralitas dalam kontestasi pilkada serentak.

"Kami dalam pendidikan diajarkan ilmu politik, dilarang keras untuk berpolitik praktis karena itu adalah bagian dari ketidaknetralan. Akan ada sanksi, baik itu disiplin maupun kode etik, apabila terlibat dalam politik praktis," ujar AKBP Rio.

Pewarta: M. Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024