Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyalurkan bantuan pendidikan pintar  kepada 100 pemuda berprestasi berupa beasiswa jenjang perguruan tinggi sebagai bentuk komitmen mendorong peningkatan sumber daya manusia di daerah itu.

"Beasiswa ini merupakan komitmen kami mendorong generasi muda berprestasi agar mampu melanjutkan studi hingga lulus sampai perguruan tinggi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Ia mengatakan bantuan beasiswa ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk terus mendorong generasi muda di daerah itu yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri maupun swasta namun terkendala secara ekonomi.

Baca juga: KNPI Bekasi ajak pemuda manfaatkan program bantuan pendidikan

"Pemerintah Kabupaten Bekasi hadir menjadi solusi bagi mereka. Ini mencetak sejarah, pertama kali Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan beasiswa kepada mereka. Angkatan pertama ini menjadi barometer ke depan," katanya.

Dirinya menyebutkan program percontohan ini akan memotivasi anak muda di Kabupaten Bekasi untuk mau melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi meski terkendala faktor ekonomi asalkan mampu memenuhi prestasi yang menjadi persyaratan program tersebut.

Dani mengaku, dalam berbagai kesempatan kunjungan ke sejumlah wilayah kecamatan, ditemukan masih banyak generasi muda di daerah itu yang memiliki keinginan untuk kuliah namun terhambat biaya sehingga program ini diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan tersebut.

Baca juga: Pemkab Bekasi luncurkan 100 paket bantuan pendidikan pintar

"Untung bisa ketemu dan mengobrol, dibantu tapi mungkin ada juga yang tidak ketemu saya ya, karena itu dengan sebatas kemampuan yang kita miliki ini baru 100 orang, mudah-mudahan ke depan kalau berlanjut bisa ditingkatkan, ditambah sehingga lebih banyak meski kita menyadari untuk sukses tak harus melalui bangku kuliah, ada jalur lain seperti kewirausahaan," katanya.

Program beasiswa ini juga sekaligus upaya pemerintah daerah mengangkat tingkat rata-rata pendidikan di Kabupaten Bekasi khususnya penambahan jumlah lulusan perguruan tinggi.

Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi Iman Nugraha mengatakan beasiswa ini diberikan secara rinci senilai Rp5 juta per orang per semester ditambah akomodasi setiap bulan sebesar Rp600 ribu.

Baca juga: Pemkab Bekasi luncurkan bantuan beasiswa kuliah 100 pemuda berprestasi

"Bantuan ini tidak hanya untuk calon yang baru mau kuliah, tetapi ada juga yang sudah semester enam dan tujuh, mereka berprestasi karena ada syaratnya dan kita seleksi terpilih 100 orang penerima bantuan pendidikan bervariasi baik yang akan maupun yang telah berkuliah di berbagai perguruan tinggi," katanya.

Iman memastikan program beasiswa ini akan terus dilanjutkan Pemerintah Kabupaten Bekasi bagi yang telah mendaftar sampai lulus, ditambah 100 orang penerima baru setiap tahun.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024