Penjabat Bupati Bekasi, Jawa Barat Dani Ramdan melepas 1.500 mahasiswa Universitas Pelita Bangsa (UPB) untuk melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata atau KKN di beberapa wilayah daerah itu.

Mahasiswa UPB yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Agama Islam, serta Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora tersebut akan mengikuti kegiatan KKN mulai 28 Juli sampai 27 Agustus 2024.

"Kegiatan KKN ini merupakan salah satu bagian penting dari pendidikan. Dimana para mahasiswa berkesempatan untuk memperoleh pengalaman dengan terjun langsung ke masyarakat," kata Dani Ramdan di Cikarang, Minggu.

Baca juga: Bupati Dani Ramdan ajak kalangan ekspatriat kenali budaya Kabupaten Bekasi

Para mahasiswa tersebut akan melaksanakan KKN di sembilan wilayah kecamatan se-Kabupaten Bekasi yakni Kecamatan Bojongmangu, Cikarang Selatan, Serang Baru, Cikarang Timur, Cikarang Utara, Cikarang Pusat, Karangbahagia, Setu, dan Kecamatan Kedungwaringin.

Dia berharap para mahasiswa yang mengikuti KKN bisa ikut aktif dalam kehidupan di desa yang mereka datangi sebagai latihan dalam mengurus negara.

Para mahasiswa juga diharapkan dapat berkontribusi aktif dengan menuangkan serta merealisasikan ide dan gagasan yang diperoleh selama mengikuti kegiatan akademik di kampus.

"Mahasiswa harus bisa menumbuhkan jiwa wirausaha dan mengajak masyarakat untuk berfikir lebih maju. Melalui entrepreneurship inilah paradigma masyarakat harus dikembangkan," katanya.

Baca juga: Bupati Bekasi selaraskan kebijakan perkuat relasi SDM perusahaan

Dani pun berpesan kepada mahasiswa untuk mampu memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat menghadapi Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang.

"Kita harus dorong budaya demokrasi yang lebih baik, bagaimana masyarakat menggunakan hak pilih dengan benar dan bertanggung jawab agar melahirkan pemimpin yang bisa memajukan daerah kita," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024