Jateng Fair 2024 sebagai perhelatan pesta rakyat tahunan yang digelar menyambut Hari Ulang Tahun Ke-79 Provinsi Jawa Tengah menargetkan nilai transaksi mencapai sekitar Rp100 miliar.

Jateng Fair pada tahun ini kembali digelar di Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng, Semarang, pada 26 Juli-11 Agustus 2024.

"Seperti biasa, Jateng Fair konsepnya pameran rekreasi dan hiburan. Tahun ini temanya kami mengangkat kopi Jawa Tengah, jadi 'Sensational of Central Java Coffee'," kata Direktur PT PRPP Jateng Titah Listyorini, saat dikonfirmasi, di Semarang, Selasa.

Menurut dia, Jateng Fair dalam setiap penyelenggaraannya selalu mengusung tema yang menjadi kebanggaan Jateng, dan kali ini memilih kopi karena Jateng merupakan provinsi penghasil kopi.

Baca juga: Kemenkop Memperkuat Pengawasan Koperasi Di Wilayah Banyumas

Ia menyebutkan lebih dari 25 kabupaten/kota di Jateng merupakan penghasil kopi, dan sebagian di antaranya memiliki citarasa premium.

Keunggulan Jateng sebagai salah satu sentra kopi, kata dia, telah dibuktikan dengan semakin banyaknya UMKM kopi yang mendunia dan memenuhi kebutuhan ekspor.

Tema tentang kopi, kata dia, juga sengaja diangkat agar masyarakat luas mengenal lebih dekat secara hulu sampai dengan hilir jenis dan daerah penghasil kopi yang semakin banyak dikonsumsi masyarakat, baik lokal, regional, maupun internasional.

"Kopi Jawa Tengah adalah salah satu kekayaan andalan dari pertanian yang sudah mendunia. Berbagai macam kopi di Jateng sudah dikenal dan sebagian besar kabupaten/kota memiliki kekhasan kopi. Ini merupakan sesuatu yang harus dibanggakan dan harus diangkat," katanya.

Baca juga: Denyut Ekonomi Umat Di Masjid Agung Jateng

Tidak kalah menarik, Titah mengatakan pada Jateng Fair 2024 juga ada pameran pasukan dan peralatan militer Kodam IV Diponegoro, pameran mebel berkualitas internasional dari HIMKI Jateng, serta "animal show".

Untuk meramaikan kegiatan tersebut, kata dia, bakal hadir puluhan artis nasional ataupun lokal, di antaranya Ipang Lazuardi, Fourtwnty, RIF, J-Rocks, The Cangcuters, Armada, Guyon Waton, Adella, Aftershine, dan Rebellion Rose.

"Pengunjung akan dikenakan biaya tiket Rp25.000 untuk masuk. Saat 'weekend', Jumat, Sabtu, Minggu jadi Rp30.000," katanya.

Baca juga: Program "Sinergi Aksi Ekonomi Rakyat" Diluncurkan

Titah menargetkan setidaknya ada 200 ribu pengunjung yang menikmati pesta rakyat Jateng itu, seraya berharap antusias masyarakat terhadap even Jateng Fair bisa kembali seperti dahulu saat sebelum COVID-19.

"Target selama 17 hari (penyelenggaraan Jateng Fair, red.) ada 200 ribu pengunjung. Hiburannya kami geber ada tambahan even. Sedangkan target transaksi langsung dan tidak langsung mungkin sekitar Rp100 miliaran," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024