Penjabat Bupati Purwakarta, Jawa Barat, Benni Irwan mengajak semua kelompok masyarakat bergandengan tangan untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak pada momentum Hari Anak Nasional tahun 2024.

"Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak. Jaga mereka dengan memberikan kasih sayang, pendidikan yang baik, dan teladan yang positif," katanya, saat peringatan Hari Anak Nasional tingkat Purwakarta, di Purwakarta, Selasa.

Disebutkan bahwa Pemkab Purwakarta ingin memastikan bahwa setiap anak di daerahnya memiliki kesempatan untuk menyuarakan ide, pendapat, dan keinginan mereka.

Baca juga: Bupati Purwakarta: Keberhasilan seorang anak tak lepas dari doa ibu
Baca juga: Melindungi anak korban kekerasan sampai berdaya kembali

"Suara mereka (anak-anak) adalah suara masa depan, dan dengan mendengarkannya kita dapat membangun Indonesia yang lebih baik dan berkelanjutan," kata dia.

Ia menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah berupaya mewujudkan kabupaten layak anak sebagaimana menjadi program pemerintah pusat.

Seiring dengan hal tersebut, upaya untuk memenuhi hak anak harus terus digelorakan oleh semua pihak, baik di bidang pendidikan, kemasyarakatan, maupun oleh pemimpin pemerintahan di setiap tingkatan.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam upaya perlindungan anak di Purwakarta tercinta ini," kata Benni.

Baca juga: Suara Anak Indonesia serukan lima isu perlindungan anak peringati HAN 2024

Disebutkan, kepada para pendidik, orang tua, serta seluruh elemen masyarakat, terima kasih atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang anak-anak.

"Namun kita juga harus menyadari bahwa masih banyak tantangan yang perlu kita hadapi bersama. Kasus kekerasan terhadap anak, eksploitasi, serta kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan masih menjadi pekerjaan rumah besar bagi kita semua," kata dia.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024