Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kontes ternak dan ekspo pangan guna mengapresiasi para peternak dan mempopulerkan kembali kuliner lokal.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Indriantari di Gedung Sate Bandung, Senin mengatakan, apresiasi ini adalah pada peternak lokal yang telah mengembangkan sumber daya genetik asli Jawa Barat seperti Domba Garut, Sapi Pasundan, dan Ayam Sentul.

"Yang kita tampilkan adalah bibit, bukan hanya penggemukan tetapi yang mau membudidayakan untuk dikembangkan lebih banyak di Jawa Barat. Ini tujuannya memberikan penghargaan pada peternak yang mau mengembangkan ternak lokal," kata Indriantari dalam acara Bewara Jawa Barat.

Dalam kontes ternak, Indriantari mengatakan bahwa untuk jenis domba ada sekitar 200-250, sementara untuk jenis Ayam Sentul, ayam pelung, sapi perah dan sapi potong, hasil seleksi dari kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Baca juga: Pemkab Subang ajak petani kembangkan produk lokal agar produktivitas terjaga
Baca juga: Pemkab Bogor pamerkan produk lokal hasil UMKM di Indonesia Maju Expo 2024

"Jadi dari 27 kabupaten/kota, terlebih dahulu diseleksi melalui kabupaten dan kota setempat," ucap Indriantari.

Sementara dalam ekspo pangan, dia menjelaskan bahwa pihaknya memperkenalkan pangan-pangan lokal Jawa Barat yang bisa dieksplorasi atau dikembangkan kemudian, terutama pengganti karbohidrat.

"Jadi supaya kita tidak tergantung dengan beras atau padi tetapi kita bisa mengolah makanan lokal lainnya seperti jagung, singkong, ubi dan lain sebagainya, bahkan sukun, pisang itu termasuk juga pengganti karbohidrat," ucapnya.
Dia menyebutkan dalam acara tersebut, ada beberapa pangan lokal yang dihadirkan seperti kuliner Kupat Tahu Padalarang dengan bahan dasar ketupat menggunakan singkong, serta minuman tradisional es goyobod, yang keduanya diberikan pada pengunjung secara cuma-cuma.

"Dan yang pasti adalah stand kabupaten/kota, mereka akan menampilkan kuliner ciri khas masing-masing. Ada makanan yang dari singkong, dari ubi, dari jagung, kemudian dari ketan dan sebagainya," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi promosi produk olahan ikan lewat Bazar Ramadhan pelaku UMKM

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan pada 24 Juli 2024 sampai 25 Juli 2024 di The Landen Jl Maribaya Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Selain kontes ternak dan ekspo pangan lokal, dalam kegiatan yang terbuka bagi masyarakat tersebut juga akan ada pembagian 10 ribu susu dan 10 ribu telur, dan Gelar Pangan Murah (GPM) dengan 12 pangan strategis seperti cabe, gula, beras, minyak, sayuran, telur, daging ayam dan lainnya.

Kemudian ada Pasar Leweung yang menyajikan produk-produk asli Jawa Barat, mobil pelayanan kesehatan hewan, pelayanan NIB, Samsat Keliling, Perpustakaan Keliling, serta Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara).

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024