Purwakarta (Antara Megapolitan) - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, menyiapkan 500 bus antarkota antarprovinsi serta bus pariwisata untuk melayani pemudik pada musim mudik Lebaran 2017.

"Ratusan bus itu siap mengantarkan pemudik ke berbagai daerah sekitar Jateng, Jatim dan daerah lain," kata Kepala Dishub Jabar Dedi Taufik saat meninjau posko mudik di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Rabu.

Ia memastikan ratusan bus yang disediakan pada musim mudik lebaran tahun ini benar-benar layak jalan. Sebab sebelumnya telah dilakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu.

Pengecekan kendaraan juga dilakukan di sejumlah titik jalur mudik dan jalur wisata. Seperti di titik menjelang daerah kawasan Puncak, setiap bus akan dilakukan pengecekan.

Jika dalam pengecekan itu kendaraan tidak layak jalan, maka dilarang untuk melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, selain kendaraan bus, Dishub Jabar juga sudah berkoordinasi ke PT KAI, dengan menyiapkan layanan kereta api sebagai pilihan transportasi untuk para pemudik.

Sedikitnya terdapat 34 rangkaian kereta api untuk mengangkut para pemudik ke berbagai daerah pada musim mudik lebaran tahun ini.

Pada musim mudik tahun ini, Dishub Jabar melarang kendaraan truk untuk melintasi jalur mudik mulai H-7 Lebaran. Seiring dengan itu, pihaknya menyiapkan puluhan kantong-kantong parkir.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017