Pengawas independen Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (DHS) mengumumkan akan melakukan penyelidikan terhadap Secret Service atas dugaan pelanggaran keamanan yang menyebabkan percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Donald Trump.

“Penyelidikan tersebut akan mengevaluasi proses Secret Service Amerika Serikat dalam mengamankan acara kampanye mantan Presiden Trump pada 13 Juli 2024,” kata kantor inspektur jenderal DHS dalam pernyataan yang diunggah di laman resminya, Rabu.

Secret Service merupakan sebuah departemen di bawah DHS yang bertugas memastikan keamanan presiden dan wakil presiden, baik mantan maupun petahana, serta calon presiden selama tahun-tahun pemilu.

Baca juga: FBI Amerika Serikat selidiki penembakan Trump sebagai potensi aksi terorisme
Baca juga: Joe Biden: Terlalu dini pastikan penembakan Donald Trump adalah upaya pembunuhan

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Senin bahwa ia mengarahkan penyelidikan independen terhadap keamanan kegiatan kampanya Trump pada Sabtu itu untuk menilai apa yang sebenarnya terjadi.  Hasil penyelidikan, kata Biden, akan diumumkan secara publik.

Kendati demikian, belum diketahui kapan penyelidikan DHS diluncurkan dan apakah peninjauan yang diumumkan oleh inspektur jenderal tersebut sama dengan yang diperintahkan Biden.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024