Sukabumi, 1/10 (ANTARA) - Pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Sukabumi yang ke-67, Wakil Ketua DPRD, Asep Wahyu Nirwana, melakukan atraksi debus dengan tujuan untuk meningkatkan kembali kebudayaan daerah khususnya Sunda, pada rapat paripurna istimewa.

"Atraksi yang kami lakukan ini bertujuan untuk menghidupkan kembali kesenian dan kebudayaan Sunda yang mulai punah, karena tergerus jaman," kata Asep di Sukabumi, Senin.

Menurut Asep, atraksi debus ini bukan untuk menunjukan kekuatan atau pamer lainnya, tetapi ingin menunjukan kepada seluruh elemen bahwa anggota DPRD juga masih menjaga kearifan lokal di tengah serbuan kebudayaan asing yang kurang mendidik.

Lebih lanjut, diharapkan hari jadi Kabupaten Sukabumi ini mampu membangkitkan kebudayaan Sunda. Selain itu, dengan ditunjukan atraksi oleh anggota DPRD, diharapkan bisa menjadi contoh untuk seluruh warga untuk menjaga kelestarian kebudayaan dan kesenian daerah.

"Semoga di Hari Ulang Tahun Kabupaten Sukabumi ini bisa menjadi hari kebangkitan kebudayaan Sunda, dan Kabupaten Sukabumi bisa menjadi daerah percontohan kebudayaan Sunda di Jawa Barat," tambahnya.

Dikatakan Asep yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar, pada hari jadi ini seluruh anggota DPRD, Bupati dan jajarannya, bahkan anggota TNI dan Polri pun menggunakan pakaian adat Sunda lengkap.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap kebudayaan Sunda yang mulai terkikis oleh kebudayaan asing yang belum tentu mendidik," katanya.


Aditya

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012