Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menginginkan agar wilayah perdesaan di daerahnya menjadi mandiri setelah mendapat bantuan dana desa dari pemerintah.

"Pembangunan memang harus diawali dari desa, agar nantinya desa menjadi mandiri," katanya, di Purwakarta, Senin.

Sejak beberapa tahun terakhir hingga kini, bantuan dana ke desa-desa cukup besar. Bantuan dana itu tidak hanya dari pemerintah pusat, tapi juga dari pemerintah provinsi dan dari pemerintah kabupaten.

Jika bantuan dana desa tersebut benar-benar direalisasikan untuk pembangunan desa, maka ke depannya desa akan terus mengalami perkembangan. Seiring dengan hal itu, maka pemerintah desa mampu mensejahterakan masyarakatnya.

Ia mengatakan, ketika desa sudah berkembang dan pemerintah desa-nya benar-benar memperhatikan kesejahteraan masyarakat, maka beban pemerintah di tingkat kabupaten hingga pemerintah pusat menjadi berkurang untuk mensejahterakan masyarakat.

"Saat itulah desa bisa menjadi mandiri. Pemerintah desa bisa berinvestasi di sektor perbankan, untuk kemudian menggulirkan bantuan-bantuan ekonomi kepada masyarakat setempat melalui perbankan," kata dia.

Jika desa sudah berinvestasi di sektor perbankan, kata Dedi, maka pihak perbankan mau tidak mau harus menggulirkan pengajuan bantuan ekonomi itu. Sebab, dana untuk bantuan tersebut bagian dari investasi desa.

"Dana investasi desa itu bisa saja tetap bersumber dari bantuan pemerintah pusat atau pemerintah provinsi, ataupun pemkab," katanya seraya menambahkan, jika pemanfaatan bantuan dana itu digunakan untuk investasi tentunya desa sudah maju dan ke depannya akan mandiri.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017