Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyambut peresmian operasional Jalan Tol Ruas Cimanggis-Cibitung sebagai upaya pemerintah pusat mempermudah konektivitas antar wilayah.

Pelaksana harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan pembukaan akses jalan tol tersebut memberikan kemudahan aksesibilitas kepada masyarakat maupun pelaku usaha di kawasan industri, baik yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi maupun luar daerah khususnya Kabupaten Bogor.

"Tentu kami menyambut diresmikannya tol ini. Kemarin saya juga hadir langsung, selain memudahkan kendaraan pengangkut barang dari kawasan industri di Kabupaten Bekasi yang akan menuju Kabupaten Bogor ataupun sebaliknya, masyarakat juga mempunyai akses yang lebih cepat," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Pj Bupati Bogor: Tol Cimanggis-Cibitung bantu perekonomian daerah
Baca juga: Polisi pastikan Ruas Tol Cimanggis-Cibitung siap beroperasi layani pemudik

Dia mengatakan pemerintah daerah berupaya menyempurnakan infrastruktur pendukung dengan sejumlah fasilitas di area Gerbang Tol Cimanggis-Cibitung di wilayah itu guna mendukung program strategis nasional ini.

"Nanti coba kita komunikasikan terkait fasilitas di sekitar pintu keluar tol seperti apa. Kita berharap ekonomi Kabupaten Bekasi bisa meningkat lebih cepat lagi," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan keberadaan infrastruktur jalan tol mampu menguatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan pembangunan melalui efisiensi serta efektivitas kegiatan perekonomian.

"Terlebih di wilayah kita yang notabene pusat kawasan industri. Tentu ini akan mempermudah akses angkutan barang dari maupun menuju kawasan industri," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR sebut Tol Cimanggis-Cibitung diresmikan dalam waktu dekat

Peresmian ruas tol ini berdasarkan SK Menteri PUPR Nomor 1626/KPTS/M/2024 yang menyebutkan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 kilometer telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol sehingga dapat dioperasikan.

Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung ini dijadwalkan beroperasi tanpa tarif pada Rabu 10 Juli 2024 mulai pukul 06.00 WIB.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024