Karawang (Antara Megapolitan) - Sebanyak 136 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sepanjang jalur mudik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki.

"Ratusan titik lampu PJU yang rusak di jalur mudik wilayah Karawang itu sesuai dengan pendataan yang kami lakukan," kata Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman setempat Novi Gunawan, di Karawang, Kamis.

Rata-rata kerusakan lampu PJU tersebut diakibatkan konslet-nya saluran listrik pararel hingga pencurian saklar lampu PJU.

Ia menyatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan perbaikan lampu PJU yang rusak itu. Targetnya, perbaikan lampu PJU yang rusak itu bisa selesai 15 hari sebelum lebaran.

Kerusakan yang terjadi di 136 titik lampu PJU terbagi di tiga jalan, yakni 80 titik berada di Jalan Lingkar Luar Karawang Barat, 36 titik di Jalan Johar-Krasak dan sebanyak 20 titik lampu PJU yang rusak berada di sepanjang Jalan Cilamaya-Cikalong.

Untuk 80 titik lampu PJU yang berada di Jalan Lingkar Luar, itu merupakan wewenang pusat. Pemkab Karawang telah mengirimkan surat agar segera dilakukan perbaikan.

"Sisanya di Jalan Johar-Krasak dan Jalan Cilamaya-Cikalong, perbaikannya akan dilakukan oleh pemkab," kata dia.

Novi menargetkan pihaknya bisa menyelesaikan lampu PJU yang rusak 15 hari sebelum lebaran.

"Kalau perbaikan sebenarnya mudah dan cepat, yang lama itu justru proses pengadaan. Tetapi saya yakin 15 hari sebelum lebaran sudah selesai," katanya.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017