Purwakarta (Antara Megapolitan) - Puluhan guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan mengikuti program magang di Adelaide, Australia.

"Dalam waktu dekat ini, para guru itu akan mengikuti program magang dalam program Teacher Profesional Development Training 2017," kata Sekretaris Dinas Pendidikan setempat Purwanto, di Purwakarta, Rabu.

Untuk jumlah guru yang akan berangkat ke Australia tersebut sebanyak 24 guru, dan kini mereka yang akan berangkat sedang melakukan persiapan.

"Sejumlah guru sudah dinyatakan lolos seleksi untuk magang ke Australia," katanya.

Ia mengatakan, para guru SD dan SMP dari Purwakarta itu nantinya akan magang di sejumlah sekolah pemerintah di Adelaide, Australia.

Mereka akan melihat sekaligus memantau secara langsung cara mengajar siswa sekaligus cara berkomunikasi antara guru dengan siswa.

"Mereka berada di Adelaide selama 21 hari," kata Purwanto.

Menurut dia, program Teacher Profesional Development Training 2017 sebenarnya bukan program baru.

Tahun lalu, sejumlah guru dari Purwakarta juga diberangkatkan ke Australia karena sebelumnya Pemprov Jabar sudah menjalin kerja sama dengan Adelaide.

"Tahun lalu (program magang ke Australia) juga ada. Anggaran yang digunakan sekitar Rp1,4 miliar," katanya.

Diharapkan dengan adanya program tersebut bisa membawa dampak positif untuk pengajaran siswa di Purwakarta. Sehingga metode pengajaran pada siswa bisa lebih baik.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017