Purwakarta (Antara Megapolitan) - Dalang Wayang Golek Dadan Sunandar Sunarya berharap agar pemimpin Jawa Barat nanti memiliki nilai lebih dalam membangun kecintaan terhadap budaya, seperti yang diterapkan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam memimpin daerahnya.

"Pemimpin manapun yang sesuai dengan kebudayaan sendiri akan cocok, apalagi Jawa Barat. Saya menilai sosok Dedi Mulyadi lebih tepat untuk memimpin Jabar. Kami sudah mengenal sosok beliau sejak 15 tahun yang lalu," katanya, di Padepokan Giri Harja, Jelekong, Kabupaten Bandung, Senin.

Putera dari dalang almarhum Asep Sunandar Sunarya ini menyatakan hal tersebut terkait akan digelarnya Pemilihan Umum Kepala Daerah Jabar atau Pilgub Jabar 2018.

Sosok Dedi Mulyadi dianggap Dadan sudah memiliki nilai plus. Ia dinilai mampu mentransformasikan kebudayaan Sunda tersebut bukan hanya menjadi tontonan, tetapi juga menjadi tuntunan.

Itu dibuktikan dengan langkah Dedi Mulyadi mempopulerkan budaya Sunda kepada masyarakat Jawa Barat hingga masyarakat luar Jawa Barat.

"Mungkin semua pemimpin memiliki kecintaan terhadap budaya Sunda. Tetapi, saya melihat sosok kang Dedi ini memiliki niai plus, boleh dibuktikan omongan saya ini ke masyarakat, hampir semua masyarakat yang ngomong, bukan saya saja yang ngomong," kata dia.

Dadan mengaku dirinya beserta keluarganya akan mendukung siapapun calon pemimpin yang mencintai kebudayaan. Apalagi calon pemimpin yang memiliki pandangan bahwa kesejahteraan dapat ditempuh dengan cara menjaga alam dan lingkungan.

Hal tersebut sesuai dengan falsafah orang Sunda yang selalu membangun sinergi dengan alam dan kebudayaan. Sehingga, kata dia, jika budaya hancur maka suatu bangsa akan ikut hancur.

"Otomatis kita dukung pemimpin yang konsisten mencintai seni dan budaya. Kami lahir dari keluarga seni dan kang Dedi memiliki jiwa seni yang kuat," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017