Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendeklarasikan Gerakan Kencana sebagai langkah memperkuat mitigasi dan penanggulangan bencana di daerah tersebut.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu usai memimpin deklarasi di Auditorium Setda, Cibinong, Selasa, mengungkapkan Gerakan Kencana hadir sebagai langkah kongkret memperkuat penanggulangan bencana di tingkat kecamatan.

Menurut dia, gerakan tersebut dapat mengoptimalkan peran semua pihak mulai dari pemerintah, komunitas hingga masyarakat guna terciptanya ketahanan bencana secara terpadu.

“Kencana juga merupakan upaya untuk mempercepat Pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) urusan penanganan kebencanaan," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Bogor tingkatkan upaya mitigasi bencana hadapi cuaca ekstrem
Baca juga: Ketua DPRD Bogor dorong pembuatan peta mitigasi bencana

Asmawa menekankan bahwa Gerakan Kencana membangun pondasi ketahanan bencana dari tingkat terendah, dan menjadikan pemerintah kecamatan sebagai garda terdepan melindungi masyarakat dari ancaman bencana.

Sementara, Kepala BPBD Kabupaten Bogor Ade Hasrat menjelaskan Gerakan Kencana merupakan upaya penanggulangan bencana melalui mitigasi bencana yang bergerak bersama seluruh masyarakat.

“Sehingga kita bisa meminimalisir risiko bencana, mengingat potensi bencana di Kabupaten Bogor ini cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kabupaten Bogor dorong Pemkab tingkatkan intensitas mitigasi bencana

Ia menyebutkan, dengan mengoptimalkan upaya mitigasi, diharapkan penanggulangan kebencanaan di Kabupaten Bogor dapat lebih efektif.*

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024