Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyiapkan ratusan hektare untuk pengembangan budi daya durian agar menjadi komoditas hortikultura andalan baru setelah manggis.

"Peluang pasar komoditas buah durian masih sangat terbuka, baik pasar nasional maupun pasar internasional. Jadi peluang itu harus kita manfaatkan dengan baik," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta Sri Jaya Midan, di Purwakarta, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa komoditas hortikultura buah manggis khas Purwakarta sejak beberapa tahun terakhir telah menembus pasar internasional. Selanjutnya pihaknya akan mengembangkan komoditas lain, yakni buah durian.

Baca juga: Kementan dorong buah manggis asli Purwakarta bisa diekspor ke Rusia
Baca juga: Penjabat Bupati Purwakarta sebut buah melon berpotensi jadi produk unggulan

Pengembangan komoditas durian rencananya akan dilaksanakan di 11 kecamatan sekitar Purwakarta. Di antaranya di Kecamatan Pondoksalam, Cibatu, Wanayasa, Bungursari, Campaka, Pasawahan, Sukasari, Plered, Tegalwaru, Purwakarta, dan Kecamatan Darangdan.

Sesuai dengan data Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, sekitar 750 hektare lahan perkebunan sudah disiapkan untuk pengembangan budi daya komoditas buah durian.

Sebanyak 75.012 pohon durian berbagai jenis varian dan umur juga sudah ditanam di areal perkebunan tersebut. Dari jumlah itu, 25.134 pohon durian di antaranya sudah memasuki usia produktif.

Midan mengatakan, dalam pengembangan komoditas andalan baru ini pihaknya mengajak para petani untuk berperan aktif.

Baca juga: Pemkab Purwakarta kembangkan komoditi buah pala

"Lahan dan pohon durian yang kita siapkan itu hampir semuanya milik petani. Itu sebagai cara untuk merangsang para petani ikut berperan aktif mengembangkan durian," katanya.

Jenis durian yang dikembangkan di Purwakarta saat ini hampir sebagian besarnya merupakan jenis yang sudah populer di pasaran, yakni jenis montong, musang king, kuning mas, dan durian bawor.

"Selain jenis durian yang sudah ada, kami juga sedang mempersiapkan pengembangan varietas durian lokal. Saat ini kami masih mempelajari jenis-jenis durian lokal di Purwakarta yang bisa kembangkan," kata Midan pula. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024