Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang berada di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Rabu.

"Kegiatan inisiasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada KPM penerima PKH untuk bisa mandiri dan mulai berwirausaha dalam upaya menopang perekonomian keluarga agar tidak selalu mengandalkan bantuan dari pemerintah," kata pendamping PKH Kecamatan Cisaat Mimin Aminah, di Sukabumi, Rabu.

Menurut Mimin, melalui kegiatan peningkatan kemampuan kewirausahaan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan ilmu pengetahuan tentang wirausaha.

Kemudian edukasi tentang strategi pemasaran, perijinan usaha dan pengenalan terhadap lembaga keuangan baik berstatus milik swasta maupun milik negara. Kegiatan in rutin dilaksanakan melalui program pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) yang dilaksanakan setiap bulan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan warga yang tercatat sebagai KPM penerima PKH dan penerima bansos lainnya mendapatkan pengetahuan, penjelasan dan kesadaran bersama sehingga tidak lagi tergantung kepada bantuan sosial agar mereka bisa berdikari demi kesejahteraan keluarga,” katanya.

Sementara, Koordinator Kabupaten PKH Wilayah 1 Hamdun Hamdilah mengapresiasi atas inisiasi kegiatan yang dilaksanakan saat ini oleh para pendamping khususnya di Kecamatan Cisaat yang menyelaraskan program saat ini melalui peningkatan kapasitas untuk para penerima manfaat PKH melalui pembekalan kewirausahaan

Terkait hak dan kewajiban para KPM, pihaknya mendorong adanya kesadaran dari mereka agar bisa mandiri dan berupaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar memacu ekonomi dan kesejahteraan yang inklusif.

Diharapkan para KPM dapat keluar dari keterbatasan ekonomi secara mandiri sehingga tidak bergantung pada bantuan pemerintah.

Sedikitnya 70 KPM yang mengikuti kegiatan ini yang bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Ketua Paguyuban UMKM Kabupaten Sukabumi, PT Pegadaian dan Koperasi Produsen Komunitas UKM Provinsi Jawa Barat serta pengusaha sukses Tiga Dara.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024