Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor, Jawa Barat, menggelar Festival Qurban Baznas 1445 H yang bertujuan untuk pemerataan pendistribusian daging hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah kepada para penerima.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Baznas Kota Bogor Subhan Murtadla di Kota Bogor, Selasa, mengatakan kegiatan ini baru pertama kali digelar di Kota Bogor di Masjid Al Anshar Kelurahan Kedunghalang, dengan dua alasan.

Pertama, kata Subhan, tidak semua masjid atau mushola memiliki hewan kurban yang cukup untuk dibagikan ke warga sekitar. Sedangkan sebaliknya, ada pula masjid atau mushola yang hewan kurban melimpah tapi tidak ada penerimanya.

Baca juga: Pemkot Bogor serahkan sejumlah hewan kurban ke masjid-masjid
Baca juga: Pemkab Bogor bagikan 120 hewan kurban ke sejumlah masjid-ponpes

“Makanya Baznas coba ada pemerataan dalam pendistribusian, ada keadilan. Pemikirannya itu,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, kata dia, Baznas mendapat dukungan dari Benz Farm. Total hewan kurban yang dibagikan sebanyak 48 ekor kambing, diprioritaskan untuk warga sekitar dan masjid atau mushola yang minim hewan kurban.

Alasan kedua, kata Subhan, untuk memotivasi masyarakat bahwa bentuk ketaatan dan keimanan kepada Allah adalah dengan ibadah dan berkurban.

“Jadi urgensi atau kepentingan kurban itu ada dua. Pertama bentuk penghambaan kepada Allah, kedua bentuk kepedulian kita kepada sesama manusia,” ujarnya.

Baca juga: Pj Wali Kota Bogor imbau pendistribusian daging kurban secara merata

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari mengapresiasi konsep utama kegiatan ini, yaitu membagikan daging kurban kepada masyarakat yang kurang mampu dan masjid yang masih minim hewan kurban.

Hery menyampaikan, yang lebih penting dari kegiatan ini yaitu mempererat ukhuwah Islamiyah, dengan makan bersama sohibul kurban (mudhohi), dan mustahik pilihan (fakir miskin dan yatim piatu).

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan meningkatkan konsumsi hewani dalam pencegahan stunting di masyarakat, pemerataan penyebaran dan pendistribusian daging kurban di wilayah Kota Bogor,” ujarnya.*

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024