Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyalurkan puluhan ekor hewan kurban ke masjid-masjid di wilayah ini menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Ada puluhan hewan kurban yang disalurkan ke masjid-masjid di wilayah Karawang pada momentum Hari Raya Idul Adha tahun ini," kata Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Karawang Eka Sanatha, di Karawang, Sabtu.

Puluhan hewan kurban itu merupakan hasil kolaborasi dari Pemerintah Kabupaten Karawang dan pihak swasta atau perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang.

Baca juga: Petugas di Karawang temukan penyakit kudis dan orf saat periksa hewan kurban
Baca juga: Tim pemeriksa hewan kurban di Karawang mulai turun ke lapak-lapak penjualan

Eka menyampaikan bahwa dari kolaborasi Pemerintah Kabupaten Karawang dengan perusahaan-perusahaan terkumpul 59 ekor hewan kurban yang terdiri atas 25 ekor sapi dan 34 ekor kambing.

"Terima kasih kepada perusahaan yang mempercayakan kepada kami untuk menyalurkan hewan kurban ke masyarakat," katanya.

Ia memastikan hewan kurban yang disalurkan ke masjid-masjid di wilayah Karawang itu kondisinya sehat, karena sudah menjalani pemeriksaan kesehatan dari tim pemeriksa hewan kurban di Karawang.

Baca juga: Pemkab Karawang sebar ratusan petugas pemeriksa hewan kurban jelang Idul Adha

"Pemeriksaan sudah dilakukan. Jadi seluruh hewan kurban yang sampai ke masyarakat dipastikan kondisinya sehat," katanya.

Pemkab Karawang mengerahkan ratusan petugas pemeriksa hewan kurban yang bertugas memeriksa hewan kurban yang dijual di lapak-lapak penjualan di sekitar Karawang.

Terdapat 192 petugas pemeriksa hewan kurban yang merupakan gabungan dari dokter hewan, UPTD Pertanian dan Peternakan serta Penyuluh Pertanian Karawang.

Selain itu, mereka juga dibantu oleh 22 petugas dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024