Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), menyebar 83 petugas pemeriksa hewan kurban yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Sebanyak 83 petugas pemeriksa hewan kurban ini disebar di 17 kecamatan sekitar Purwakarta," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta Siti lda Hamidah, di Purwakarta, Senin.

Pihaknya menyebar petugas untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 itu kondisinya sehat dan layak sebagai hewan kurban.

Baca juga: Pemkab Purwakarta turunkan puluhan personel periksa kesehatan hewan kurban
Baca juga: Ikhtiar Pemkab Purwakarta dalam bebaskan penyakit hewan kurban

Dalam melakukan pemeriksaan hewan kurban itu, lanjutnya, petugas berkolaborasi dengan 50 anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di wilayah Purwakarta. Sebab hewan yang disembelih pada Hari Raya Idul syaratnya tidak hanya sehat, tapi juga harus memenuhi ketentuan syariat Islam.

Ida menyebutkan tim pemeriksa hewan kurban itu tidak hanya bertugas sebelum Hari Raya Idul Adha. Tapi juga bertugas melakukan pemeriksaan setelah pemotongan.

"Jadi masa tugas tim pemeriksa hewan kurban ini adalah sebelum hingga setelah pemotongan," katanya.

Baca juga: Bupati Purwakarta pastikan semua hewan kurban bebas dari penyakit LSD

Sementara itu Pelaksana Harian (Plh) Sekda Purwakarta Agung Darwis Suriatmadja mengatakan bahwa pada 17 Juni 2024, umat Muslim akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan kurban.

Atas hal itu Pemkab Purwakarta melalui Dinas Peternakan dan Perikanan akan memeriksa seluruh hewan kurban. Pemeriksaannya dilakukan sebelum penyembelihan maupun setelah penyembelihan.

Ketika akan melaksanakan kurban, kata dia, hewan itu harus sudah dinyatakan ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal). Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Purwakarta yang akan berkurban pada Hari Raya Idul Adha. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024