Sekitar 150 peserta, termasuk pengunjung, terlibat dalam aksi bersih sampah di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024. 

Ketua Tim Data Evaluasi Kehumasan Balai Besar TNBTS,Hendra Wisantara di Kota Malang, Jawa Timur, Senin, mengatakan aksi bersih sampah yang digelar pada 8-9 Juni 2024 itu melibatkan sejumlah unsur, diantaranya paguyuban jip, kuda, hingga Pedagang Kaki Lima (PKL).

Aksi bersih sampah bersama pengunjung di TNBTS tersebut dilakukan pada sejumlah titik yakni view poin Penanjakana, Bukit Kedaluh, Lemah Pasar atau Bukit Cinta, di sepanjang Jalan Dingklik Penanjakan, Lembah Watangan atau savana, Watu Gede, area sekitar Pura Luhur Poten, Bunker hingga kawasan Jemplang yang ada di Kabupaten Malang.

Jumlah berat sampah yang dikumpulkan mencapai 250 kilogram, didominasi sampah anorganik seperti botol plastik, bungkus cup mi instan, sedotan, dan bungkus makanan ringan.

Aksi bersih sampah di kawasan taman nasional tersebut juga akan dilakukan pada 15, 16, dan 24 Juni 2024 sejak pukul 07.00 WIB. 

Pada 2023 jumlah kunjungan ke taman nasional yang memiliki predikat terindah ketiga di dunia tersebut mencapai 368.507 wisatawan, terdiri atas 355.297 wisatawan nusantara dan 13.210 wisatawan mancanegara. Dari jumlah kunjungan sebanyak itu diraih Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp14.70 miliar. 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024